Nyamuk Suka Terbang di Dekat Telinga, Inilah Alasannya

Ilustrasi nyamuk terbang di area kepala
Pada saat menonton TV, atau sedang membaca buku, sering terdengar nyamuk tebang di daerah telinga kita. Nyamuk memang merupakan serangga bersayap yang pada umumnya memiliki kaki berjumlah enam, dan berukuran tubuh maksimal sekitar 15 mm. Dalam bahasa inggris, nyamuk dikenal dengan sebutan "mosquito". kata tersebut merupakan serapan dari bahasa Spanyol ataupun Portugis yang mulai digunakan sekitar tahun 1583.

Mungkin sudah menjadi hal yang tak aneh lagi dengan suara dengungan nyamuk terbang yang terdengar di telinga. Bisa dibilang, nyamuk memrupakan hewan yang hidupnya sangat bergatung pada manusia. Hewan kecil ini kerap mengambil zat besi dan protein dari darah manusia yang dihisapnya. Namun tahukah Anda mengapa nyamuk sangat suka terbang di daerah kuping atau telinga manusia?

Alasan Nyamuk Terbang Dekati Area Telinga Manusia

Manusia pastinya memiliki suhu panas tubuh, daerah yang sangat mendekati dengan suhu inti tubuh adalah di bagian telinga. Suhu pada bagian telinga manusia lebih tinggi daripada daerah tubuh lainnya, sehingga nyamuk sangat menyukai daerah bagian telinga manusia yang gelap dan berlubang. Pada bagian yang lembab itulah nyamuk tertarik ubtuk mendekatinya.

Di sisi lain, nyamuk sangat menyukai aroma yang dikeluarkan oleh tubuh manusia, terlebih pada bagian sekitar kepala yang berkeringat. Ada yang menyatakan bahwa sebenarnya nyamuk bukanlah mendekati telinga, melainkan tertarik pada aroma kepala manusia yang tertuju di rambut. Contoh mudahnya adalah orang yang belum keramas akan lebih cenderung di dekati oleh nyamuk ketimbang orang yang telah mengkeramasi rambutnya.

Namun, seorang ahli dibidang kedokteran ilmu entimologi yang berasal dari Universitas Sydney, Australia, menyatakan bahwa nyamuk akan cenderung terbang mengitari kepala karena dengan pola pernafasan manusia yang mengeluarkan karbondioksida. Maka dari itulah kepakan sayap nyamuk kadang terdengar di telinga manusia.

Dengan menggunakan obat nyamuk atau lotion saja tidak cukup ampuh untuk mengusir gangguan nyamuk di sekitar kepala kita. Namun kita bisa menggunakan kipas angin untuk membuat nyamuk sulit untuk terbang karena hembusannya, dan juga mampu mengurai udara yang mengandung karbundioksida yang berasal dari pernafasan manusia.

Tidak ada komentar untuk "Nyamuk Suka Terbang di Dekat Telinga, Inilah Alasannya "