Pengertian Hoax Beserta Asal-Usulnya

Hoax Image
Hidup di era teknologi yang terus semakin berkembang seperti saat ini, pastinya mempermudah kita untuk mencari informasi melalui internet. Apa saja yang kita ingin ketahui, bisa di cari dengan menggunakan gadget kesayangan yang kita miliki.

Namun sayangnya, beberapa orang kini justru menggunakan media internet  sebagai alat untuk memberitakan suatu hal yang tidak benar, dan kita menyebut itu dengan istilah Hoax (baca: hoks). Mungkin sampai saat ini masih ada beberapa orang yang belum mengetahui secara pasti definisi dari hoax.

Apa Itu Hoax?

Hoax adalah kegiatan negatif yang pada umumnya dilakukan melalui internet, namun bukan berarti hal itu tak bisa dilakukan secara langsung di dunia nyata. Dalam bahasa Inggris, hoax merupakan sinonim dari kata kebohongan.

Jika diartikan secara jelas, hoax adalah sebuah prilaku ataupun kegiatan negatif yang dilakukan dengan cara memberi informasi/memberitakan hal yang tidak benar dengan maksud menipu atau mengakali seseorang. Hal tersebut bisa saja dilakukan untuk menciptakan kecemasan, kebencian, pemujaan, ataupun mencari empati.

Asal Mula Istilah Hoax

Banyak yang beranggapan bahwa hoax memiliki arti kata yang sama dengan hocus. Kata "hocus" merupakan istilah yang diciptakan oleh seorang filologis asal Inggis yang bernama Robert Nares. Menurutnya, hocus adalah sebuah istilah untuk suatu hal yang bersifat tipuan. Namun pada saat itu, Nares membuat istilah tersebut ditujukan untuk sebuah trik atau pertunjukan pada sulap.

Di sisi lain, netizen (pengguna internet) menganggap bahwa kata hoax diambil dari sebuah film bergenre drama komedi asal Amerika yang berjudul The Hoax. Film tersebut disutradarai oleh Lasse Hallstrom dirilis pada tahun 2006.

Film The Hoax bercerita tentang kebohongan demi sebuah popularitas. Dari film yang bergenre komedi tersebut, orang-orang mulai mengidentifikasikan sebuah kebohongan dengan istilah hoax.

Hoax bisa datang melalui berbagai macam cara, hal tersebut pastinya mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Ada baiknya, kita harus tetap waspada dan mencari tahu segala informasi yang kita terima. Berhentilah untuk menyebarkan postingan yang tidak jelas dan memicu kegaduhan. Jangan sampai Anda turut andil dalam penyebaran hoax.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Hoax Beserta Asal-Usulnya"