Hubungan Percintaan yang Sehat


Selain menjalani hidup sehat secara fisik ataupun mental, memiliki hubungan yang sehat juga merupakan point penting dalam kehidupan kita. Menurut penelitian dari universitas di negara bagian Amerika Serikat (University of Pittsburgh), interaksi positif bersama pasangan mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Perlu disadari terlebih dulu, hubungan yang sempurna tentunya tak akan pernah terwujud. Namun kita bisa membuat hubungan tersebut terus berkembang menjadi lebih baik dengan menyesuaikan kebutuhan satu sama lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa kriteria dari hubungan yang sehat.

Saling percaya

Kepercayaan merupakan bagian penting dari sebuah hubungan yang sehat. Kemampuan seseorang untuk mempercayai pasangannya, dipengaruhi dengan sebarapa besar gaya keterikatannya. Tingkat kepercayaan yang baik saat di awal, membantu membentuk harapan di masa yang akan mendatang.

Jika dulunya memiliki tingkat kenyamanan yang besar, bisa diandalkan dan dapat dipercaya, besar kemungkinan keduanya akan saling mempercayai sampai di masa depannya. Tapi hal kebalikannya bisa terjadi jika memang sejak awal sudah memiliki kendala dengan kepercayaan.

Bisa menjadi diri sendiri

Saat merasa menjadi diri sendiri, itu merupakan pertanda kalau kamu menjalani hubungan yang sehat. Mampu bersikap terbuka dan jujur pada diri sendiri, bisa membuat kita merasa saling melengkapi. Sedangkan pasangan yang tak sehat, selalu memaksamu untuk menjadi apa yang diinginkannya, sehingga membuatmu merasa harus menutupi aspek dirimu sendiri.

Saling menghargai

Setiap individu tentunya ingin dihargai. Sama halnya saat kita menjalin hubungan dengan seseorang. Mereka yang berada dalam hubungan yang sehat tak akan saling merendahkan ataupun meremehkan, tetapi mereka justru saling mendukung dalam hal positif.

Beberapa sikap menghormati pasangan bisa dilihat saat kita saling mendengarkan, tidak menunda-nunda, tepat waktu, mampu memaafkan, pengertian, saling membangun, memberikan kebebasan untuk pilihan hidup, memiliki empati, dan saling berterima kasih terhadap satu sama lain.

Memiliki kasih sayang

Ketertarikan fisik pada saat mengawali hubungan, tak cukup mampu membuat hubungan tersebut menjadi langgeng. Butuh rasa kasih sayang, kenyamanan, dan kelembutan sebagai penyeimbangnya. Kunci untuk hubungan yang sehat ialah, keduanya harus mendapatkan kasih sayang yang tercukupi.

Mampu berkomunikasi dengan baik

Berkomunikasi yang baik memiliki peranan penting dalam sebuah hubungan yang sehat. Individu yang memiliki komunikasi yang baik, tentunya mampu mengetahui cara berargumen dan bagaimana menyelesaikan masalah secara efisien. Metode tersebut jauh lebih bermanfaat ketimbang hanya diam pada saat menghadapi masalah.

Memberi dan menerima

Timbal balik secara alami, mampu membuat kita bisa saling menjaga komitmen. Hal tersebut bukanlah perkara seberapa banyak memberi dan seberapa banyak menerima, melainkan keduanya benar-benar ingin melakukannya.

Dalam sebuah hubungan terkadang ada yang lebih banyak membutuhkan bantuan, dan kadang ada juga yang lebih dominan mengambil peran pemberi. Keadaan yang tak seimbang tersebut sebenarnya bukanlah permasalahan besar, selama keduanya dapat memahami dinamika kehidupan dan saling mendapatkan dukungan yang dibutuhkan.


Tidak ada komentar untuk "Hubungan Percintaan yang Sehat"