Cara Membaca Wi-Fi Menurut Pelafalan Yang Benar

WiFi dibaca?

Sudah tak asing lagi bagi kita saat melihat gambar seperti ini. Ya, ini merupakan lambang dari Wireless Fidelity. Ini merupakan jaringan yang diakses tanpa kabel dengan menggunakan satu atau beberapa frekuensi.

Awalnya, jaringan ini hanya digunakan untuk perangkat nirkabel dan jaringan area lokal saja. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini jaringan tersebut dipakai untuk mengakses internet di area tertentu.

Lalu bagaimana kalian menyebut kata ini? Wifi?, Waifi?, atau Waifai?.

Jika kita mengikuti metode pelafalan, maka kata tersebut seyogyanya dibaca Waifai. Mari kita cek melalui situs Cambridge Dictionary di sini.

Jika dirunut melalui historinya, Wi-fi pertama kali diperkenalkan sebagai merek konsumen untuk produk "Institute of Electrical and Electronics Engineers" dari lembaga sertifikasi jaringan AS, Wireless Ethernet Compatibility Alliance, pada tahun 1999 di Atlanta.

Menurut ketua WECA yang saat itu dipimpin oleh Phil Belanger, menyatakan bahwa Wi-Fi tak memiliki arti, dan bukanlah sebuah akronim dari kata apapun.

Singkat cerita, pada tahun 2002, WECA merubah nama lembaganya menjadi Wi-Fi Alliance. Misi utama mereka ialah mempromosikan serta memberikan sertifikasi pada pengguna teknologi Wi-Fi secara global.

Nah, itulah penyebutan kata Wi-Fi yang benar sesuai dengan metode pelafalan. Dari sejarah singkat Wi-Fi tersebut, kita jadi mengerti bahwa sebenarnya Wi-Fi awalnya hanyalah sebuah nama merek dagang saja.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membaca Wi-Fi Menurut Pelafalan Yang Benar"