Kebiasaan Ngobrol yang Membuatmu Dibenci Oleh Orang lain



Sebagai manusia, tentunya kita butuh bersosialisasi. Dalam berbagai kondisi, kita tak bisa menilai seseorang hanya dari segi penampilannya saja. Sebelum memutuskan untuk suka atau pun tidak terhadap seseorang, pasti kita akan melihat karakternya terlebih dulu sebagai bahan pertimbangannya.

Tanpa disadari, ada beberapa sifat ataupun prilaku yang nenbuat kita tidak disukai oleh sebagian orang. Bahkan dengan orang yang baru kita kenal sekalipun, bisa membenci kita hanya dari persona yang kita tunjukan saat pertama kali bertemu.

Sebelum semakin banyak orang yang tidak menyukai kita, ada baiknya harus mengetahui apa saja sikap yang membuat mereka merasa tidak nyaman saat berkomunikasi dengan kita.

Sering berbohong

Kita pasti sepakat bahwa tak ada seseorangpun yang rela untuk dibohongi. Berbohong bisasanya sering kali dilakukan saat merasa terdesak. Tapi kalau sedang ngobrol saja malah berbohong, tentunya prilaku tersebut justru membuat kita kehilangan kepercayaan dari orang-orang sekitar kita. 

Tanpa disadari, ada sebagian orang yang mampu menganalisis ekpresi seseorang saat berbicara. Bagi yang hobi berbohong, sebaiknya segeralah berhenti untuk melakukan itu.

Hobi pamer

Sering kali kita melihat orang-orang memamerkan sesuatu yang dimilikinya hanya demi mendapatkan pengakuan semata. Harus disadari terlebih dulu, bahwa tak semua orang akan kagum saat melihat barang yang dipamerkannya.

Niatnya ingin mendapat pengakuan hebat dari orang lain, tapi prilaku seperti itu justru bisa menjadi bahan ejekan, dan pastinya orang-orang bakal enggan untuk dekat dengannya.

Gemar bergunjing

Membicarakan orang lain merupakan kebiasaan seseorang saat mengisi obrolan bersama teman. Namun sebenarnya banyak orang yang tak menyukai prilaku tersebut. Apalagi kalau sudah berbicara keburukan orang lain. Hal itu bisa merusak hubungan pertemanan yang telah kita jalin.

Meskipun sulit untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, tapi kita harus tetap mencoba berhenti untuk melakukannya. Kalau mau membicarakan orang lain, setidaknya bicarakanlah hal yang baik-baiknya saja.

Sering mengeluh

Mengeluh pada dasarnya merupakan sikap yang manusiawi, terlebih saat kita sedang mendapatkan masalah. Tapi kalau setiap kali mengobrol justru lebih sering mengeluh, teman bicara kita tentu akan merasa bosan mendengarnya.

Saat sedang mengeluh, secara tidak langsung kita sedang membagi emosi negatif terhadap seseorang. Hal itu bisa membuat mood seseorang bisa berubah secara drastis. Daripada mengeluh, lebih baik berdiskusi saja bersama teman untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Tak bisa menerima perbedaan

Dalam hidup ini tentunya sangatlah beragam. Maka dari itu, kita harus terbiasa dengan perbedaan. Apalagi terhadap sudut pandang seseorang, kita harus bisa menghargainya meskipun berseberangan.

Jangan hanya karena perbedaan pendapat, kita malah menjadi bermusuhan dengan teman. Tak perlu memaksakan kehendak yang kita inginkan, apalagi sampai menjadi orang yang egois.

Mendominasi pembicaraan
Komunikasi yang baik selalu ada tanya-jawab secara bergantian. Namun kalau kita mendominasi pembicaraan, yang ada justru akan membuat teman bicara kita menjadi kesal.

Cobalah berikan kesempatan dia berbicara, dan kita juga jangan memotong pembicaraannya, jadilah pendengar yang baik agar dia merasa dihargai.

Terlalu kaku

Setiap orang tentunya ingin mendapatkan emosi positif saat berkomunikasi dengan teman bicaranya. Maka dari itu, cobalah untuk saling menghibur satu sama lain.

Tak perlu selalu serius saat berbicara, hal itu bisa membuat orang merasa jenuh dan akan membuat kita dijauhi karena terlalu kaku. Obrolan yang disisipkan humor akan menjadi sangat menyenangkan. Dan jangan lupa tersenyum, untuk menunjukkan keramahan kita terhadap teman bicara.


Tidak ada komentar untuk "Kebiasaan Ngobrol yang Membuatmu Dibenci Oleh Orang lain"