Ternyata Inilah Smartphone Pertama di Dunia

Simon IBM
Hidup di era yang serba digital, membuat semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan smartphone keluaran terbaru. Smartphone atau ponsel pintar memang tak bisa dipisahkan lagi saat jalani aktivitas. Bagaiman tidak. mulai dari schedule sehari-hari, dokumentasi, sampai urusan transaksi, ponsel cerdas masih sangat bisa diandalkan. Namun tahukah Anda, smartphone mana yang pertama kali direlease di dunia?

Smartphone Pertama di Dunia

Sebagian orang mungkin akan menunjuk iPhone generasi pertama. Akan tetapi, ponsel pintar besutan Apple itu terbilang belum cukup lama, iPhone pertama resmi dikeluarkan pada tahun 2007. Ada sebagian lagi yang mungkin menunjuk Communucator yang diluncurkan oleh Nokia pada tahun 1996. Communicator memang merupakan ponsel yang suduh cukup lama direlease. Namun ternyata, ada sebuah ponsel pintar yang lebih lama lagi. Ponsel pintar tersebut adalah IBM Simon.

Jika dilihat dari bentuknya, IBM Simon lebih terlihat seperti walkie-talkie. Pada kenyataannya, ponsel tersebut merupakan ponsel pintar yang pertama kali keluar didistribusikan di dunia. Trecatat dalam sejarahnya, pads 16 Agustus 1994, IBM Simon resmi dijual di pasaran yang cukup terbatas. Pasalnya, smartphone tersebut hanya tersedia 15.000 unit, dan cuma dijual di negara Amerika Serikat.

Ponsel ini memang terbilang lumayan berat, bobotnya sekitar 500 gram. Meskipun demikian, beberapa pebisnis sangat amat menginginkan ponsel yang bisa digunakan untuk telpon seluler sekaligus komputer mini. Seorang kurator Museum Sains di London yang bernama Charlotte Connelly, menyatakan bahwa IBM Simon merupakan ponsel yang memiliki fitur yang paling lengkap di jamannya.

“Simon tidak disebut smartphone pada jaman itu. Namun, fiturnya memiliki banyak kesamaan dengan smartphone saat ini. Telepon itu punya kalender, bisa dipakai untuk mencatat, mengirim e-mail, serta layanan pesan singkat. Semuanya digabungkan di dalam satu ponsel,” ucap Connelly.

Desain Simon IBM

Jika dilihat dari desainnya, ponsel ini memang terbilang besar. Namun dengan kecanggihannya, ponsel ini cukup banyak diincar orang meski harganya relatif mahal. Kelemahan pada ponsel tersebut ialah dari sisi daya baterai, yakni hanya mampu bertahan sekitar 60 menit ssja.

"Bentuknya seperti bongkahan abu-abu, tapi tidak sebesar seperti yang Anda bayangkan. Ponsel itu punya pena stylus dan layar LCD hijau yang ukurannya serupa dengan iPhone 4. Bahkan, tampilannya tidak jelek, Baterainya hanya tahan selama satu jam. Harganya US$899 dan saat itu tidak ada internet untuk ponsel. Jadi alat ini tidak terlalu sukses," ungkap Connelly.

Karena dirasa masih memiliki banyak kekurang, peredaran IBM Simon hanya bertahan sampai dua tahun, terhitung sejak ponsel tersebut direlease, yakni tahun 1994. Namun kini IBM Simon terpampang pada pameran di dalam Museum Sains London yang bertema "Information Age Gallery". Pameran tersebut untuk memperingati 200 tahun sejarah komunikasi dan informasi teknologi di Inggris.

Tidak ada komentar untuk "Ternyata Inilah Smartphone Pertama di Dunia"