Fungsi Dan Cara Kerja Airbag di Mobil

Airbag
Bagi para penggiat otomotif, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya airbag. Benda tersebut merukapakan salah satu bagiam yang sangat penting pada saat mrngendarai kendaraan, khusunya mobil. Pada saat terjadi sebuah insiden lakalantas (kecelakaan lalu lintas), banyak yang berangkapan bahwa seatbelt saja sudah cukup untuk melindungi kita. Hal demikian memang tak sepenuhnya salah. Namun, airbag juga sangat berguna untuk melindung kepala dari benturan disaat terjadi lakalantas.

Secara fungsi, airbag merupakan fitur keselamatan pada saat berkendara. Pada umumnya, alat keselamatan tersebut berada pada bagian roda pengemudi atau dashboard mobil. Pada mobil tertentu, di bagian kursi tengah penumpang juga ada yang dilengkapi fitur tersebut. Lalu bagaimana cara kerja airbag pada saat terjadi kecelakaan?

Cara Kerja Air Bag

Pada saat mobil bebrbenturan dengan benda keras, secara otomatis airbag akan mengembang dengan sendirinya. Hal tersebut dikarenakan adanya sensor pendeteksi yang terdapat dibagian mobil. Jika sensor tersebut mendeteksi adanya benturan keras, maka alat tersebut akan mengirim gelombang panas pada kawat. Sehingga, pemanasan tersesbut akan mengisi kantung udara SRS (Supplemental Restraint System) dengan sejumlah nitrogen.

Airbag akan bekerja dengan maksimal apabila kendaraan melaju dengan kecepatan lebih dari 20 atau 30 kilometer/jam, dan membentur benda keras yang mengahalangi laju kendaraan. Tak hanya itu, biasanya jika ada benturan dari bawah mobilpun airbag akan terbuka. Namun, batas kecepatan laju juga akan berubah apabila mobil terbentur benda yang bergerak. Contohnya, Anda sedang mengendarai mobil dengan kecepatan hanya 15 km/jam, apabila ada mobil yang menabrak Anda, maka otomatis airbag akan bekerja sesuai fungsinya.

Airbag tidak bekerja apabila kendaraan tertabrak di bagian samping, belakang, dan terguling. Kantung airbag terbuat dari bahan kain nilon yang tipis. Jadi, pada saat airbag mengembang pastilah tidak membuat pernafasan Anda terganggu. Jika pada saat airbag mengembang mengeluarkan asap, janganlah panik. Karena, sebenarnya asap tersebut merupakan bedak talkum atau tepung jagung yang difungsikan untuk mencegah airbag lengket pada saat dalam kondisi terlipat.

Tidak ada komentar untuk "Fungsi Dan Cara Kerja Airbag di Mobil"