7 Nama Makanan Yang Punya Singkatan Unik

Tinggal di Indonesia, kita pasti sudah banyak mengenal nama-nama makanannya. Berbagai hidangan tersaji dengan cita rasa rasa khas nusantara. Namun di balik semua itu, ada beberapa nama makanan yang unik berasal dari singkatan. Inilah 7 nama makanan yang memiliki singkatan yang unik.

1. Es Doger

Jajanan yang satu ini memiliki rasa manis dan menyegarkan. Es Doger merupakan singkatan dari es dorong gerobak. Nama tersebut diambil karena biasanya tukang es doger menjualnya dengan menggunakan gerobak yang didorong keliling, dari satu tempat ke tempat lainnya. Jajanan yang berasal dari Tanah Sunda ini masih sering di jumpai di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

2. Batagor

Batagor merupakan jajanan sore hari yang dinikmati dengan bumbu kacang, dan terkadang diberi perasan jeruk limo. Nama batagor sendiri diambil dari nama bahan yang digunakan saat disajikan, yakni baso tahu goreng.

3. Comro

jajanan ini merupakan makanan ringan yang sering dijual oleh tukang gorangan. Comro merupakan singkatan dari Oncom di jero. Sesuai dengan kepanjangannya, makanan ini berisi oncom di dalam adonannya. Comro sangat enak dimakan saat masih hangat, ditambah lagi dengan cabai rawit ataupun sambal untuk menambah rasa pedas.


4. Misro

Misro merupakan temannya Comro. Jika tak suka dengan yang manis-manis, misro merupakan makanan yang tepat. Misro berisi gula merah, atau gula jawa yang akan meleleh didalam saat di goreng. Maka dari itu namanya menjadi Amis di Jero. Dalam bahasa Sunda, Amis memiliki arti 'manis'.

5. Cimol

Cimol kerap dijumpai di dareah sekitar sekolahan. Jajanan ini berasal dari Jawa barat. Cimol memiliki kepanjangan Aci Digemol.  Hal ini karena cara membuatnya dengan mengepalkan tepung tapioka yang dibulatkan sebelum digoreng.

6. Cilok

Seperti halnya Cimol, Cilok juga merupakan makanan khas Jawa Barat. Cilok dibuat dari tepung tapioka yang kenyal, ditambahan bumbu kacang sebagai pelengkap. Cilok merupakan singkatan dari Aci Dicolok. Hal tersebut dikarenakan biasanya cilok dimakan dengan menggunakan tusukan.

7. Ketoprak

Ketoprak merupakan makanan khas Betawi. Makanan ini terdiri dari ketupat, toge, tahu goreng, mentimun, dan bihun yang diguyur bumbu kacang. Meski secara etimologi belum diketahui pasti asal mula namanya, namun Ketoprak sering dianggap kepanjangan dari Ketupat, toge digeprak.



Itulah nama-nama makanan yang memiliki singkatan yang unik.

Tidak ada komentar untuk "7 Nama Makanan Yang Punya Singkatan Unik"