XYZ Merupakan Istilah Untuk Membedakan Generasi

Mungkin pada saat kita berselancar di internet ataupun pada saat berinteraksi di dunia nyata pernah mendengar istilah Generasi X, Generasi Y, dan Generasi Z. Sebenarnya ada beberapa istilah generasi lainnya. Penjabarannya sebagai berikut:

The Baby Boomers

merupakan istilah generasi untuk orang yang lahit pada saat Perang Dunia II berakhir, lonjakan yang cukup signifikan untuk angka kelahiran di zaman itu. Generasi ini terbagi menjadi dua bagian, yakni The Leading-Edge Baby Boomers, adalah individu yang lahir antara tahun 1946 dan 1955. Kemudian generasi yang lain dinamakan Late Boomers atau Boomers Trailing-Edge, ini adalah sebutan untuk individu yang lahir antara tahun 1956 dan 1964.

Kedua generasi tersebut merupakan generasi dunia baru, saat itulah mulainya generasi TV pertama, perceraian pertama (perceraian mulai diterima sebagai realitas toleransi dalam berumah-tangga). Generasi ini disebut juga sebagai inovator yang masih membutuhkan proses pembelajaran dalam teknologi dan dunia informatika.

Generasi X / Gen X

Adalah mereka yang lahir antara tahun 1965 dan 1980, mereka adalah "latch-key kids" yang tumbuh di arah yang relatif positif tapi dengan lingkungan yang "terisolasi" karena aturan cukup mengekang. Mereka dilihat sebagai bagian  dari kebangkitan kewirausahaan dan cenderung untuk berkomitmen pada perubahan diri dan karir dalam hidup, tidak seperti generasi sebelumnya.

Gen X sering disebut sebagai generation MTV, video musik kala itu merupakan tontonan yang banyak digemari. Selain itu, dieranya banyak menghasilkan aliran musik baru seperti glam rock, punk, hip hop, heavy metal, grunge dan lainnya.

Generasi Y / Millennials (Milenium)

Untuk generasi ini tidak ada teori yang jelas untuk tahun kelahirannya. Namun acuannya para Peneliti menggunakan tahun 1980 sampai dengan 1994. Generasi ini dikenal sebagai individu yang terlahir di era yang cukup canggih daripada sebelumnya. Generasi Y merasakan lumayan banyak perubahan terhadap lingkungannya, terutama pada teknologi.

Hasil penelitian yang rangkum oleh Goldman Sachs, ia menganggap bahwa: Generasi X datang usia pada saat perubahan teknologi, globalisasi dan gangguan ekonomi. Hal itu memberi mereka satu sudut pandang yang berbeda terhadap perilaku dan pengalaman yang ada pada orang tua mereka. mGenerasi ini cenderung bersikap tegas, dengan pandangan yang kuat, namun kurang loyal terhadap karirnya. Generasi inilah yang merasakan perubahan awal dari dunia digital.

Generasi Z / Gen Z

Generasi adalah individu yang lahir setelah tahun 1995 sampai dengan 2010, dan mereka tidak pernah merasakan dunia dengan lingkungan sekitarnya tanpa komputer dan ponsel. Mereka hadir pada saat teknologi telah terintegrasi dengan baik, namun generasi ini masih butuh pembelajaran untuk bisa menggunakannya dengan benar dan bijaksana. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kepribadian mereka di masa mendatang.

Generasi Alpha / Gen A

Generasi ini merupakan kelanjutan dari generasi sebelumnya, lahir di kisaran tahun 2011 sampai 2025. Belum banyak teori terkait individu yang terlahir sebagai Gen A, namun diprediksi generasi ini akan sangat dekat dalam dunia teknologi di kehidupannya dan di persiapkan untuk masuk ke dalam dunia yang sangat modern.

Tidak ada komentar untuk "XYZ Merupakan Istilah Untuk Membedakan Generasi "