Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Kacamata Maupun Lensa Kontak

Mata adalah indera  penglihatan yang sering digunakan, namun terkadang kita sering kali mengabaikan kesehatan mata. Saat sedang mengalami gangguan kesehatan, baulah menyadari betapa pentingnya kesehatan mata bagi kita semua.

Saat ini sering kali kita lihat banyak anak yang masih umur relatif muda sudah mengenakan kacamata ataupun lensa kontak, hal itu biasanya disebabkan karena lalai menjaga kesehatan mata dan terlalu memaksakan mata untuk terus bekerja keras, apalagi saat melihat gadget dengan jarang pandang yang dekat, kecuali pada mereka yang mempunyai keturunan, hal tersebut memang sudah menjadi bawaan sejak lahir.

Jika Anda pengguna kacamata ataupun yang memiliki masalah penglihatan seperti rabun jauh atau rabun dekat, berikut ini ada beberapa tips untuk tetap menjaga kesehatan mata walaupun sudah menggunakan kacamata:

  • Jangan Membersihkan Kacamata Sembarangan

Jangan gunakan tisu atau kertas toilet untuk membersihkan permukaan kaca mata, sebab tisu atau kertas toilet terbuat dari kayu sehingga bisa menggores lensa. Gunakan lap pembersih kaca mata, atau dengan kain dengan serat halus.

  • Jangan Membaca Sembari Tiduran

Melakukan hal seperti itu bukan hanya merusak mata yang sehat, bahkan bagi yang minus akan memperburuk kesehatan mata, biasakan pada saat membaca dalam kondisi duduk tegak.

  • Menjaga Jarak Pandang

Cobalah menjaga jarak pandang sekitar 30cm saat membaca ataupun melihat layar gadget dan istirahatkan mata beberapa menit sekali agar mata tidak dalam kondisi yang tegang. Sesekali saat beraktifitas dengan mata, lihatlah jarak pandang sekitar 6m, dan usahakan untuk tidak melihat layar gadget, menonton tv, dan membaca dalam waktu yang sangat lama.

  • Gunakan Kacamata Anti-Refleksi

Ketika bekerja menggunakan komputer, gunakan kacamata yang dilapisi anti-refleksi untuk menghindari refleksi cahaya dari monitor dan menghindari kerusakan mata samakin parah. Walaupun secara medis belum ditemukan manfaat khusus dari kacamata anti silau, namun hal tersebut sedikit membantu menjaga kesehatan mata Anda, terlebih saat mengendarai kendaraan, walaupun fungsi tersebut juga sedikit mempersulit jarak pandang saat melihat layar ponsel atau LCD.

  • Jaga Tekanan Darah

Kontrol tekanan darah dan tingkat kolesterol karena juga berpengaruh terhadap kesehatan mata, terutama bagi pengidap penyakit diabetes, penyakit itu juga mempengaruhi kesehatan mata Anda.

  • Menjaga Pola Makan

Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin A ataupun karotenoid, terapkan pola makan rendah lemak, bayam dan wortel sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan pada mata.

  • Hindari Asap Rokok

Asap yang dihasilkan dari rokok sangat tidak sehat bagi penglihatan mata, bagi Anda para perokok dianjurkan untuk berhenti.

  • Lepas Lensa Kontak

Bagi Anda pengguna lensa kontak, selalu lepaskan lensa kontak Anda sebelum tidur. Kebiasaan sehat ini akan mengurangi risiko Anda terkena bakteri mata hingga 15 kali lipat.

  • Periksa Ke Dokter Mata

Konsultasikan masalah mata Anda dengan dokter spesialis mata,  periksalah paling tidak satu kali dalam setahun, hal tersebut untuk mengontrol penglihatan mata Anda, apakah kacamata yang saat ini Anda gunakan masih cocok atau tidak.

Tidak ada komentar untuk "Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Kacamata Maupun Lensa Kontak"