Ketahui 4 Jenis Kulit Wajah Secara Umum

Kulit wajah
Wajah merupakan bagian yang sangat penting, setiap kali kita bertemu teman, pastilah kita bertatap muka secara langsung. Tak hanya wanita, kini pria juga mulai memperhatikan kesehatan kulitnya. Namun, beberapa orang belum mengetahui secara pasti kondisi kulit wajahnya, sehingga perawatannya pun tak jadi maksimal.

Perlu diketahui, bagian kulit wajah berbeda dengan kondisi kulit pada bagian badan. Secara umum, kulit wajah terbagi menjadi empat jenis. Kesehatan kulit wajah bisa saja berubah, hal tersebut bisa dikarenakan oleh perubahan cuaca, tingkat hormon, obat-obatan yang dikonsumsi, minim nutrisi, dan pastinya gaya hidup sangat berpengaruh.

Inilah jenis-jenis kulit wajah dan apa yang diperlukan untuk mengatasinya.

Kulit Wajah Kering

Kondisi kering pada kulit wajah disebabkan kelembapan kulit terluarnya sangat minim. Hal demikian bisa saja dipengaruhi oleh faktor cuaca disekitar. Kondisi kering pada kulit wajah bisa mengakibatkan kulit terlihat kusam dan sedikit kasar. Pada kulit wajah pada jenis ini, pori-pori tak terlalu nampak dipermukaan, dan juga elastisitas kulit kurang terjaga.

Kulit wajah kering bisa membuat kulit wajah terlihat kemerahan ,dan juga bisa menyebabkan gatal dan berkerak karena peradangan kulit. Kulit kering juga bisa diakibatkan karena faktor genetik, usia, perubahan hormon, cuaca dingin, sinar matahari, radiasi sinar UV, mandi air panas terlalu lama, dan bisa juga karena bahan yang terkandung dalam produk sabun, kosmetik, pembersih, hingga obat-obatan.

Tips untuk merawat kult dengan kondisi kering:
  • Gunakan pelembap dengan jenis oil base
  • Gunakan masker berbahan dasar alami seperti aloe vera(lidah buaya), madu, atau alvokado, atau bisa juga gunakan sheetmask yang memiliki keguanakan mangatasi dehidrasi kulit dan melembabkan.
  • Pakailah pembersih wajah yang lembut dan tingkat alkohol atau wewangian yang rendah.
  • Pilih sabun pembersih wajah yang mampu melembapkan permukaan kulit, seperti mengandung emolien atau colloidal oatmeal
  • Gunakan toner jenis hydrating, dan jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi, cukup 1-2 kali dalam seminggu.
  • Jangan mandi dan mencuci muka dengan air hangat dalam waktu yang lama

Kulit Wajah Berminyak

Kondisi berminyak pada bagian kulit disebakan karena produksi kelenjar minyak dibagian wajah berlebih. Berbeda dengan kulit dengan kodisi kering, wajah kulit berminyak lebih cenderung memperlihatkan pori-pori.

Kelenjar minyak pada dasarnya cukup baik untuk menjaga kelembapan kulit. Namun jika berlebih, dapat mengakibatkan kotoran mudah menempel pada kulit dan menyumbat permukaan kulit, hal tersebut dapat menimbulkan jerawat di bagian wajah. Pola hidup yang kurang baik dapat mempengaruhi jumlah minyak yang diproduksi sebum dari kelenjar sebaceous,

Pada jenis kulit yang berminyak, wajah cenderung terlihat berkilau namun agak kusam, dan biasanya disertai komedo, jerawat, serta flek hitam.

Tips mengatasi kulit wajah yang berminyak:
  • Rajin menyuci muka dengan sabun khusus kulit berminyak.
  • Selalu sediakan kertas minyak untuk meminamilisir kadar minya di wajah.
  • Hindari makan makanan yang digoreng dan makanan yang denggi kadar gulanya.
  • Disarankan untuk eksfoliasi 2 atau 3 kali dalam seminggu
4 Jenis kulit wajah secara umum

Kulit Wajah Kombinasi

Pada jenis kulit seperti merupakan perpaduan antara kulit kering dan berminyakm. Orang yang memiliki jenis kulit seperti ini biasanya area wajah yang berminyak berada pada zona T (dahi, hidung, dan dagu). Sementara pada bagian pipinya akan terlihat kering. Kulit wajah seperti ini sering ditemukan pada saat remaja atau masa puberitas.

Untuk mengatasi kulit jenis ini memang agak sulit. Butuh pelembab kulit kering untuk bagian pipi, sedangkan pada T Zone membutuhkan serum dengan kandungan benzoyl peroxidemungkin untuk mengatasi jerawat pada kulit yang yang berminyak.

Tips untuk mengatasi kulit wajah kombinasi:
  • Gunakan masker dengan bahan mud atau clay untuk bagian zona T wajah
  • Persiapkan kertas minyak untuk meminimalisir jumlah minyak yang berlebih di wajah.
  • Dianjurkan untuk gunakan first cleanser berupa micellar water atau milk cleanser.
  • Untuk kulit kombinasi,bisa gunakan dua jenis produk dalam masing-masing tahap CTMP, dua jenis produk yang dimaksud adalah produk untuk kulit berminyak dan kering/normal. Keduanya digunakan sesuai dengan kecenderungan kondisi kulit, kombinasi mana yang cenderung berminyak atau kering.
  • Lakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu

Kulit Wajah Normal

Jenis kulit ini benyak diidam-idamkan, hal tersebut kulit mampu menyeimbangkan jumlah kandungan air dan kadar mimyak di wajah. Pada jenis ini, jarang ditemukan masalah kulit, karena memang kulitnya tidak sensitif, dan pori-pori pun tak nampak pada jenis kulit seperti ini.

Untuk merawat kulit wajah normal tidaklah sulit, jenis skincare yang dibutuhkan juga fleksibel. Meskipun wajah dengan kulit normal tak terlalu bermasalah, namun juga harus dipastikan untuk membersihkan wajah agar bersih dari debu yang menempel.

Itulah 4 jenis kulit wajah secara umum. Kira-kira kulit wajah Anda termasuk jenis kulit yang mana ya?

Reference: Female Daily

Tidak ada komentar untuk "Ketahui 4 Jenis Kulit Wajah Secara Umum"