Solusi Hilangkan Bau Mulut Jika Tak Sempat Gosok Gigi

Ilustrasi bau mulut
Masalah bau mulut memang sangat riskan, problem seperti itu hampir dirasakan oleh beberapa orang. Pasti rasanya malu ketika ketika Anda baru saja mengucapkan beberapa kata ke teman, ia justru memalingkan wajah karena aroma tak sedap yang keluar dari mulut. Hal itu bsa membuat seseorang menjadi sangat tidak percaya diri.

Beberapa orang menggunakan ide yang bagus, salah satunya ide tersebut adalah dengan membawa sikat gigi kecil yang diperuntukan pada saat mereka pergi untuk bertemu kerabatnya. Akan tetapi, terkadang kita lupa untuk mempersiapkan sikat gigi tersebut pada saat keluar dari rumah. Untuk mencegah bau mulut, ada beberapa cara agar terhindar dari masalah bau mulut yang tak sedap.

Cara Sederhana Untuk Hilangkan Bau mulut Saat Tidak Sempat Gosok Gigi

Konsumsi Yogurt Tanpa Pemanis

Sulfat hidrogen merupakan komponen yang dapat membuat mulut beraroma tak sedap. Kandungan probiotik yang ada di dalam yogurt bekerjan sangat efektik untuk mengurangi asam sulfat hidrogen yang dihasilkan dari sejumlah bakteri dalam mulut. Namun, kita harus memilih yogurt alami tanpa adanya pemanis.

Permen Mint Tanpa Pemanis Buatan

Seorang dokter gigi asal Minneapolis mengatakan bahwa permen mint tidak membuat bakteri penyebab bau mulut hilang, akan tetapi permen mint sangat membantu untuk menyegarkan aroma nafas yang keluar dari mulut kita. Jadi, permen mint merupakan solusi sementara agar terhindar dari masalah bau mulut yang kita alami pada saat kita belum sempat menggosok gigi

Namun, kita harus memilih permen mint tanpa pemanis buatan. Hal tersebut untuk menghindarkan bakteri dalam mulut mengkonsumsi pemanis dari apa yang kita makan. Jika bakteri mendapat asupan gula, hal tersebut akan menghasilkan asam. Dari asam itulah bakteri dalam mulut membuat nafas kita menjadi tak sedap.

Mengkonsunsi Buah

Pada saat kita mengunyah buah, akan membuat aktivitas bakteri dalam mulut terhambat. Misal saja lita memakan buah apel yang memiliki kandungan polifenol, hal itu akan mengurangi amonia dan menekan bakteri di dalam mulut.

Meskipun beberapa buah mengandung zat gula alami, tapi buah-buahan juga bisa mempersulit bakteri untuk berkembang biak. Seperti buah yang memiliki kandungan vitamin C semacam anggur, jeruk, atau stroberi, merupakan buah yang direkomendasikan untuk menghilangkan aroma tak sedar dari mulut.

Meminum Air Putih

Air putih merupakan cairan yang serba guna untuk tubuh, tak terkecuali bagian mulut. Solusi ini merupakan yang paling mudah dan tak bisa diabaikan. Misalnya pada pagi hari mulut biasanya akan mengeluarkan aroma yang tak enak, air putih mampu menyeimbangkan area dalam mulut dan menyingkirkan sisa makanan bila ada yang tersengkut di selah gigi.

Bakteri akan tumbuh subur dalam kondisi mulut yang kering, hal itu dikarenakan setiap bakteri memiliki sifat anaerobik, Maka dari itu, kita butuh meminum air untuk tetap menjaga area dalam mulut tidak kering dan selalu ada cadangan air didalamnya.

Gunakan Alat Seadanya Untuk Mengerok Lidah

Mengerok lidak bermanfaat untuk menyingkirkan bakteri. Mungkin Anda tak selalu mengantongi pengerok lidah ataupun sikak gigi. Namun, kita bisa menggunakan alat yang sering digunakan sehari-hari, seperti sendok misalnya.

Alat pengerok lidah memang sangat ideal, tapi kita juga bisa mengerok lidah memakai sendok. Dengan cara kerok lidah secara perlahan dari atas ke bawah, hal tersebut mampu mengurangi bakteri. Hasil mengerok dengan sendok pun tak berbeda jauh dengan menggunakan alat pengerok lidah yang semestinya.

Tidak ada komentar untuk "Solusi Hilangkan Bau Mulut Jika Tak Sempat Gosok Gigi"