Menghitung Jumlah Kalori Yang Dibutuhkan Tubuh

Dalam setiap tubuh manusia memiliki asupan nutrisi yang berbeda-beda. Hal yang membuatnya berbeda adalah jenis pekerjaan rutinitas fisik, jenis kelamin, berat badan, dan usia. Asupan yang masuk kedalam tubuh sangat dianjurkan untuk tidak berlebihan ataupun kekurangan.

Kalori merupakan satuan tenaga yang akan dibakar oleh tubuh, oleh sebab itu kita harus menghitung berapa jumlah ideal kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita masing-masing.

Jika tubuh mengkonsumsi jumlah kalori yang berlebihan, akibatnya adalah menambahnya berat badan yang bisa mengakibatkan obesitas. Namun sebaliknya apabila tubuh justru kekurangan kalori, akan mengakibatkan tubuh menjadi cepat lelah, sering pusing, dan berat badan pun yang tak menentu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka harus tepat menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan agar kondisi badan tetap stabil.

1. Menghitung Berat Badan Ideal (BBI)

BBI = 90% (Tinggi Badan - 100)

Jika tinggi badan Anda adalah 165cm maka berat badan idealnya:

BBI = 90% (165 - 100)
=90% (65)
=58,5 kg

Perhitungan semacam ini diperuntukkan hanya untuk wanita dengan tinggi badan minimal 150cm, dan untuk pria dengan tinggi minimal 160cm. Apabila kurang dari tinggi yang dianjurkan, maka perhitungannya akan berbeda. Setelah mengetahui hasil jumlah BBI, maka yang kedua adalah menhitung Kebutuhan Kalori Basal (KKB).


2. Angka Metabolisme Basal (AMB)

AMB = 0,9 (kkal) x Berat Badan (kg) x 24 (jam)


Untuk menghitung kebutuhan energi harian, maka angka AMB yang didapat kemudian dikalikan dengan variabel dari aktivitas rutin fisik yang Anda lakukan:

Ringan = 1,55
Sedang = 1,70
Berat = 2,00


Secara keseluruhan, jika mengambil contoh dari aktivitas rutin fisik kategori ringan seperti pekerja karyawan yang sebagian besar menghabiskan waktu duduk di depan layar komputer, maka cara menghitungnya

AMB = 0,9 kkal x 58,5 kg x 24 jam = 1263, 6
1,55 x 11263, 6 = 1958, 58 kkal


Jika hanya ingin mengetahui jumlah hasil dari AMB harian, maka gunakan metode yang kedua saja tanpa harus menghitung berat badan idealnya .Hasil perhitungan seperti itu yang menjadi acuan Anda untuk mengontrol jumlah ideal kalori yang masuk ke tubuh setiap harinya. Jika dalam sehari Anda mengonsumsi makanan melebihi batas AMB, maka lakukanlah olahraga selama 30 menit untuk membakar kelebihan kalori tersebut.

Namun jika ingin menurunkan berat badan, maka dapat mengurangi sekitar 500 kkal dari asupan makanan dan minumannya setiap hari. Berarti jumlah kalori yang dianjurkan hanya sekitar 1500 kkal saja.

Tidak ada komentar untuk "Menghitung Jumlah Kalori Yang Dibutuhkan Tubuh"