Fenomena Pelangi Di Malam Hari



Mungkin saat melihat pelangi merupakan hal yang wajar ketika munculnya setelah hujan di pagi, siang ataupun sore hari. Pelangi yang biasa terlihat merupakan sebuah spektrum cahaya yang berbentuk garis melengkung atau busur besar yang terjadi akibat pembiasan dari cahaya matahari dan butir air. Pada umumnya, pelangi terlihat setelah datangnya hujan. Tapi pernahkah melihat pelangi yang muncul di malam hari? Bagaimana bisa ada pelangi sedangkan sinar dari matahari pun tidak ada.

Fenomena pelangi di malam hari dikenal dengan sebutan Moonbow. Fenomena ini kerap terjadi ketika posisi bulan berada pada titik rendah (kurang dari 42° di atas langit) dan ada hujan yang berlawanan dengan bulan. Bulan memang benda langit yang tidak menciptakan cahaya sendiri, bulan hanya memantulkan cahaya dari matahari. Bila pelangi siang hari terjadi karena pembiasan cahaya matahari, maka pelangi yang terjadi pada malam hari disebabkan oleh pembiasan cahaya bulan.

Moonbow atau yang punya sebutan lain sebagai 'pelangi lunar' sebenarnya memiliki jenis warna yang sama dengan pelangi pada umumnya, namun pada kondisi tertentu warna pelangi bisa terlihat. Kebanyakan orang mungkin tidak dapat melihat moonbow dengan mata telanjang. Cara terbaik untuk melihat pelangi tersebut dengan menggunakan kamera dan eksposur panjang.

Tempat terbaik untuk melihat moonbow adalah didekat air terjun. Beberapa tempat di dunia sering menampilkan moonbow, yang paling populer untuk melihat penampakan moonbow adalah di wilayah Victoria Falls (Air Terjun Victoria) yang dekat dengan perbatasan Zambia dan Zimbabwe. Selain itu, air terjun Cumberland, dekat Corbin, Kentucky di Amerika Serikat juga sering dilaporkan terlihat moonbow disana.

Fenomena Moonbows memang jarang terjadi, karena cahaya bulan tidak menghasilkan cahaya yang sangat cerah. Diperlukan kondisi dan kriteria cuaca yang khusu untuk bisa terjadi pelangi di malam hari. Posisi bulan=pun harus berada pada titik rendah (sekitar kurang dari 42° di langit) dan sinar bulan harus kuat (ini terjadi pada fase mendekati purnama atau purnama penuh), air (hujan, percikan air terjun, embun) dalam intensitas yang cukup dan langit telah gelap. Untuk mata telanjang biasanya hanya terlihat tanpa warna karena cahaya mereka tidak cukup terang untuk mengaktifkan reseptor warna kerucut di mata. Namun warna asli pelangi tersebut telah dilaporkan dapat dilihat pada saat bulan terang bulan.

Tidak ada komentar untuk "Fenomena Pelangi Di Malam Hari"