Metode Hypno-Birthing Saat Proses Persalinan


Umumnya semua ibu yang akan menjalani persalinan menginginkan proses yang normal, namun ada beberapa faktor yang mengharuskan untuk menjalani sesar pada saat persalinan. Kini beberapa ahli terus mengembangkan metode hypnobirthing, apa itu hypnobirthing?
Adalah proses ketrampilan untuk meningkatkan ketenangan pikiran yang berguna untuk mempersiapkan diri dan menjalani kehamilan sampai menghadapi persalinan dengan relax. Proses tersebut merelaksasi mental dan fisik yang mendalam agar memungkinkan ibu yang sedang menjalani proses persalinan fokus pada pikiran atau perasaan.

Proses terhipnotis tidak didapatkan seperti yang ada di televisi yang sering menggunakan jam tangan, bandul atau pun alat lainnya. Tidak juga membuat anda tertidur, justru proses tersebut, anda dalam keadaan sadar, melakukan yang anda inginkan dan . Dalam hipnosis yang populer untuk program melahirkan, wanita diajarkan untuk menghipnotis diri sendiri yang menggunakan teknik seperti bernafas agak lebih dalam, visualisasi (menggambarkan/mengingat keadaan yang positif), dan afirmasi atau script hipnosis. Misalnya, wanita yang sedang menggunakan teknik tersebut dapat berkonsentrasi pada suara nafasnya yang dalam, yang bertujuan untuk membawanya lebih jauh ke dalam sugesti yang membuatnya nyaman, dan memvisualisasikan bayinya dapat keluar lebih mudah dengan setiap nafas. Dalam program hypnobirthing, pihak pasangan ata pun orang terdkat harus terlibat aktif memberi motivasi, mereka akan diajarkan kosakata baru untuk menggambarkan proses kehamilan dan persalinan.

Satu teory menyatakan bahwa ketika seorang wanita takut saat melahirkan, tubuhnya akan mengeluarkan hormon stres yang memicu untuk melawan respon tubuh. Hal ini menyebabkan otot-oto untuk menjadi tegang, dan mengganggu proses melahirkan. Dengan melatih alam bawah sadar, bisa membuat proses melahirkan dikondisikan senyaman mungkin. Keuntungan menggunakan metode hypnobirthing dan self-hypnosis adalah:
  1. Mempercepat rata-rata proses melahirkan
  2. Biaya yang dikeluarkan lebih rendah dari operasi caesar
  3. Mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit seperti gas dan epidural 
  4.  Meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pada proses kehamilan dan melahirkan 
  5. Memberikan kepuasan emosional tersendiri yang besar bagi ibu yang melahirkan



Para pakar hypnobirthing menganjurkan untuk datang kepada ahlinya agar proses tersebut dapat berjalan dangan lancar, namun anda juga bisa belajar sendiri untuk menerapkan metode hynobirthing dengan melihat bantuan dari CD yang tersedia. Teknik dari hypnobirthing sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh ibu hamil, kunci kebersihan dari hypnobrithing adalah melakukan implementasi baik di kelas latihan ataupun di rumah.