Awan Misterius Yang Nampak Di Colorado, Amerika Serikat

Lenticular Cloud
Situs jejaring sosial lagi-lagi digemparkan oleh salah satu foto yang di upload oleh Netizen. Kali ini yang di upload adalah sebuah objek foto awan yang sekilas nampak aneh muncul di Colorado, Amerika Serikat. Peng-upload yang pertama kali tersebut atas nama Kechuppacket, dengan sebuah gambar dan caption yang tertulis "Dear Reddit, terima kasih untuk semua kenangan, aku mungkin akan diambil oleh alien atau disedot oleh tornado. Wish me luck”. Ucapannya tersebut membuat para Netizen lainnya turut berkomentar.

Menurut Wikispace yang mengutip data dari sumber artikel yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam, awan tersebut dikenal dengan sebutan Lenticular Clouds , adalah awan lensa berbentuk stasioner yang terbentuk di troposfer, biasanya sejalan tegak lurus dengan arah angin.

Awan Lenticular dapat dibagi menjadi beberapa jenis, Altocumulus Standing Lenticularis (ACSL), Stratocumulus Standing Lenticular (SCSL), dan Cirrocumulus Standing Lenticular (CCSL). Karena bentuknya tidak seperti awan pada umumnya, jenis awan ini seringkali dikaitkan dengan penampakan Unidentified Flying Object (UFO).

Awan tersebut terbentuk secara alami, sebagian awan masuk kedalam pusaran, kekuatan pusaran tergantung pada ukuran objek dan kecepatan angin. Hasilnya turbulensi diklasifikasikan sebagai 'mekanis' karena terbentuknya disebabkan "mechanical disruption of the ambient wind flow (gangguan mekanik dari aliran angin ambient)”.

Dimana udara lembab yang stabil berhembus dikisaran pegunungan, serangkaian gelombang berdiri dengan skala besar bisa terbentuk di sisi melawan arah angin. Jika suhu di puncak gelombang turun ke titik embun, kelembaban di udara dapat berkondensasi membentuk awan lenticular.

Fenomena alam seperti itu tidak perlu dikhawatirkan, sebab awan tersebut tidak membahayakan, namun bagi penerbangan awan Lenticular bisa jadi berbahaya karena bisa menutupi jarak pandang, selain itu bisa menyebabkan turbulensi pada pesawat jika melintasi awan tersebut.

Tidak ada komentar untuk "Awan Misterius Yang Nampak Di Colorado, Amerika Serikat"