Pulau Kucing di Jepang, Penghuninya Mayoritas Anabul

Ilustrasi Pulau Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan mamalia yang cukup banyak di sukai manusia. Bagi para cat lovers, prilaku dan wujud kucing dinilai sangat menggemaskan. Pada salah satu wilayah di Jepang, ternyata ada kawasan yang dijuluki dengan Pulau Kucing. Pulau itu bernama Pulau Aoshima.

Pulau kecil tersebut terletak di lepas pantai Nagahama distrik Ōzu, dimana wilayah tersebut dikenal sangat sepi. Menurut data dari situs web Ashi Shimbun, populasi kucing lebih banyak daripada manusia. Rata-rata yang tinggal di sana penduduk lanjut usia. 

Dulunya pulau Aoshima merupakan tempat tinggal sementara bagi para nelayan. Jumlah populasi penduduk saat itu sebanyak 900an orang. Kala itu, para nelayan kerap membawa kucing-kucing liar, untuk mengusir keberadaan tikus-tikus di kapal penangkap ikan. 

Hingga akhirnya, beberapa kucing mulai menetap dan berkembang biak di pulau Aoshima. Setelah bisnis perikanan sarden ga lagi di produksi di sana, sebagian besar penduduk memilih pindah ke kota untuk mencari pekerjaan yang baru.

Data terakhir pada tahun 2019, jumlah penduduk di sana hanya tinggal 6 orang. Jumlah tersebut berbanding terbalik dengan populasi kucing yang semakin meningkat. Pada tahun 2015 hingga 2018, silaporkan jumlah kucing yang berada di sana sekitar 120 sampai dengan 130 ekor. 

Sebagai bentuk respon terkait menurunnya jumlah penduduk di sana, semua kucing yang berada di pulau Aoshima telah disterilkan supaya ga over- populasi. Meskipun tempat ini sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara, namun di tempat ini belum ada pertokoan, restoran, maupun penginapan.

Wisatawan yang datang ke sana, kerap membeli makanan kucing dari luar pulau, untuk di berikan ke kucing-kucing yang hidup di pulau Aoshima. Untuk mencapai ke sana, harus menggunakan kapal Fery yang beroperasi dua kali dalam sehari. Supaya ga mengganggu penduduk lokal, kunjungan turis saat ini hanya diizinkan paling banyak 34 orang dalam sehari.

Apabila musim dingin tiba, dan wisatawan jarang yang datang, kucing-kucing yang ada di sana terpaksa memakan makanan seadaanya untuk membuatnya bertahan hidup. Selain pulau Aoshima, ada juga beberapa pulau di Jepang, yang dihuni oleh banyak kucing.

Itulah informasi singkat mengenai Aoshima, yang dijuluki sebagai Pulau Kucing.



Tidak ada komentar untuk "Pulau Kucing di Jepang, Penghuninya Mayoritas Anabul"