Senam Mata Untuk Meredakan Mata yang Lelah

Senam mata
Setelah beberapa jam menatap layar gadget ataupun komputer, terkadang mata akan terasa lelah. Terlebih pada mereka yang memiliki gangguan mata minus, alias rabun jauh. Jika saraf mata sering merasa tegang, gangguan mata yang dirasakan justru bisa bertambah parah.

Untuk mencegah dan juga mengurangi ketegangan saraf mata, ada beberapa terapi yang bertujuan untuk memperkuat otot mata, serta meningkatkan fokus penglihatan mata dan merangsang pusat saraf penglihatan mata di otak. Untuk meredakan ketegangan mata, tak ada salahnya kita mencoba untuk melakukan senam mata seperti berikut ini.

1. Memutar bola mata
Untuk melakukan ini, bisa duduk ataupun berdiri. Dalam posisi tegap, lemaskan otot wajah dan mata, lalu tataplah ke depan. Mulailah gerakan bola mata berputar searah jarum jam sebanyak 5 kali, lalu putar berlawanan dengan jarum jam sebanyak 5 kali juga. Ulangi cara ini sebanyak 3 kali.

2. Melirik
Untuk kenyamanan, duduklah di kursi, luruskan pandangan. Gerakan mata ke arah atas, lalu gerakan ke bawah. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 10 kali. Jika sudah selesai, gerakan mata ke arah kiri, lalu ke kanan. Lakukan sebanyak 10 kali juga.

3. Menekan mata
Duduklah dalam posisi yang nyaman, lalu pejamkan mata. Berikan tekanan yang sangat ringan dengan menggunakan telunjuk selama 10 detik. Untuk menghindari rasa sakit, jangan menekan mata terlalu keras, Lakukan cara ini sebanyak 10 kali.

4. Berkedip
Saat terus menerus menatap layar gadget, membuat kita tak berkedip sebanyak yang seharusnya. Hal itulah yang menyebabkan mata sering  menjadi iritasi dan memerah. Untuk meringankan mata yang lelah, duduklah di hadapan dinding yang kosong, tutup mata selama 30 detik. Lakukanlah sebanyak 10 kali.

5. Melirik 3 detik
Hampir sama seperti cara nomer 2, hanya saja kali ini pada saat melirik ke kiri, tahan selama 3 detik. Lakukabn hal yang sama pada saat melirik ke kanan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

6. Latihan fokus
Latihan ini cocok untuk yang merasakan sulit fokus saat memandang kejauhan. Untuk melakukannya, duduklah di kursi dengan menghadap jendela. Fokuskan penglihatan ke jempol selama 2 detik, lalu fokuskan penglihatan ke arah objek yang agak jauh dari luar jendela selama 2 detik. Lakukan secara berulang sebanyak 10 kali.

7. Latihan fokus pada gerakan
Untuk melakukan latihan ini, kita bisa menggunakan jari telunjuk agar lebih simpel. Acungkan telunjuk ke depan, fokuskan penglihatan ke arah telunjuk, lalu gerakan ke dekat hidung secara perlahan, jauhkan lagi dari hidung dengan lambat. Lakukan trik ini sebanyak 10 repetisi.

8. Membuat angka 8
Cara ini sangat baik untuk melatih fleksibilitas mata. Untuk melakukannya, duduklah di kursi dengan menghadap ke arah dinding minimal sejauh 10 kaki. Dengan berbekal sedikit imajinasi, bayangkan di dinding ada angka 8. Mulai gunakan penglihatan untuk mengikuti alurnya sama seperti saat kita menulis angka 8. Lakukanlah trik ini tanpa menggerakan kepala. Lalu kembali latihan dengan membentuk angka 8 menyamping. Kedua trik ini baiknya di lakukan 2 menit untuk angka 8 tegak, dan 2 menit lagi untuk angka 8 menyamping.

9. Eye palming
Mungkin kita sering mendengar dengan istilah face palming. Caranya hampir sama, namun yang berbeda ialah saat menempatkan telapak tangan. Saat mata terasa lelah, kita harus mengistirahatkan mata dari paparan cahaya. Pejamkanlah mata, lalu gunakan telapak tangan untuk menutup kelopak mata. Untuk hasil yang maksimal, gunakan cara ini selama 5 menit.

Itu lah beberapa cara untuk melatih mata agar tetap sehat. Perlu di dingat, kita juga harus mengubah kebiasaan saat sedang menggunakan gadget. Jika lama menatap layar gadget, biasakan untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit, lihatlah objek yang agak jauh selam 20 detik.

Tidak ada komentar untuk "Senam Mata Untuk Meredakan Mata yang Lelah"