Asal Usul Amerika Dijuluki Negeri Paman Sam

United States of America atau Amerika Serikat, merupakan negara yang berada di benua Amerika bagian utara. Tak jarang, kita sering mendengar sebutan negeri Paman Sam, istilah tersebut merupakan julukan untuk negara Amerika Serikat. Lalu, siapa itu Paman Sam? Dan bagaimana asal mulanya bisa diesebut sebagai negeri Paman Sam?

Istilah Paman Sam diambil dari nama seorang pria asal Massachusetts, nah, itu sebuah wilayah di bagian Amerika Serikat. Nama pria tersebut adalah Samuel Wilson, lahir pada tanggal 13 Semptember 1766. Pada saat usia 14 tahun, ia mendaftar untuk menjadi seorang terntara sukarela, yang berjuang untuk negaranya.

Seiring usianya yang bertambah, ia pun tak lagi menjadi tentara, beliau memilih untuk membuka usaha daging kemasan. Meskipun sudah berhenti di bidang militer, namun Paman Sam masih tetap ikut berkontribusi. Ia mendapat kontrak menjadi penyuplai daging sapi untuk tentara AS. Biasanya, ia mengirim daging yang dikemas dengan menggunakan barel, atau tong yang terbuat dari kayu.

Pada kemasan tong tersebut, tertulislah sebuah tulisan U.S, yaitu singkatan dari United State. Namun saat itu, tulisan tersebut dijadikan bahan guyonan, para serdadu mengganti singkatan tersebut menjadi Uncle Sam, yang berarti Paman Sam.

Mulai dari situlah, sebutan Paman Sam mulai populer di berbagai kalangan. Ditambah lagi, seorang kartunis bernama Thomas Nast, mengilustrasikan sosok Paman Sam sebagai lelaki tua yang memakai top hat, dengan pakaian bermotif seperti bendera Amerika Serikat, serta mengenakan celana yang bergaris.

Figur Paman Paman Sam sering dipersonifikasikan sebagai negara dengan penuh respek. Namun bagi negara-negara yang memiliki sentimen anti dengan US, karakter Paman Sam diartikan sebagai sosok arogansi.

Di tahun 1854, Paman Sam meninggal diusianya yang ke 88 tahun. Ia di makamkan di kota New York, dan kota tersebut dikenal juga dengan istilah "Rumah Paman Sam".

Tidak ada komentar untuk "Asal Usul Amerika Dijuluki Negeri Paman Sam"