Deretan Penyesalan di Usia Senja

Penyesalan Saat Hari Tua
Hari demi hari terus berganti, waktu pun berputar tak pernah berhenti. Tanpa disadari usia senja pun sudah di depan mata. Produktifitas hidup semakin berkurang. Satu persatu, penyesalan mulai ada di benak orang-orang yang telah memasuki usia 50an tahun

Dua pakar psikologi asal Amerika bernama Mike Morrison dan Neal Roese, pernah mengamati hal-hal apa saja yang sering membuat mereka ingin kembali ke masa lalu.

Banyak orang yang memiliki penyesalan di masa tua, karena tidak sungguh- sungguh menjalani hidup dengan baik pada saat di usia produktif. Waktu tentu tidaklah bisa diputar kembali, yang mereka bisa lakukan, hanyalah merenungi perbuatannya di masa lalu, dan menyesalinya.

Kira-kira hal apa saja yang sering disesalkan di hari tua? Mari kita simak ulasan yang telah kami himpun.

Kurang Travelling

Sebuah survey yang dilakukan oleh sunshine.co.uk, yang melibatkan 2.107 responden. 91 persen nya menyatakan, bahwa mereka merasakan penyesalan karena kurang travelling saat masih muda. Beberapa dari mereka di usia tuanya memiliki uang yang cukup, namun kesempatan travelling terhalang dengan waktu dan kesehatan yang tak lagi prima.

Tetap Bertahan Kerja di Bidang yang Tidak Diminati

Banyak orang yang bertahan untuk tetap bekerja pada bidang yang kurang diminatinya. Saat masih muda, mereka takut untuk mengambil resiko. Hingga diusia senjanya, penyesalan pun datang karena telat menyadari, saat muda tidak mengambil keputusan yang tepat.

Hubungan Asmara

Survey yang diterbitkan oleh Nationwide Building Society Savings, setidaknya ada 14 persen, yang menyatakan memiliki penyesalan dalam menjalin asmara. Beberapa masalahnya ialah menyesal karena salah memilih pasangan hidup, tidak mempertahankan hubungan di masa lalu, dan tidak benar-benar menyayangi pasangan, baru menyadarinya saat ia telah tiada.

Tidak Menjaga Kesehatan

Kesehatan merupakan modal yang sangat berharga. Saat masih muda, hidup sehat dan rajin berolahraga merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Namun hal itu justru menjadi penyesalan ketika usia senja. Kesehatan yang buruk di hari tua, bisa jadi merupakan refleksi dari pola hidup di masa muda.

Tidak Menabung Dan Berinvestasi

Menabung dan berinvestasi merupakan hal yang penting untuk membangun kehidupan di masa depan. Survey dari Nationwide Building Society Savings, menyatakan ada sebanyak 31 persen para lansia, berharap memiliki lebih banyak simpanan uang menjelang hari tua.

Tidak Sungguh-sungguh Mengejar Passion

Siapa Anda di hari ini, adalah cerminan dari apa yang dilakukan di masa lalu. Banyak orang pada usia mudanya, hanya mengikuti apa yang dilakukan temannya, hingga passion dirinya tidak dikembangkan dengan baik. Sampai datangnya hari tua, mereka menyesal tidak sungguh-sungguh meraih cita-cita yang diharapkan.

Terlalu Memanjakan Anak

Beberapa lansia menyesal karena tidak mendidik anaknya secara mandiri. Berbagai fasilitas selalu mereka berikan, hanya untuk membahagiakan anaknya. pada hari senjanya, mereka baru menyadari, hal tersebut merupakan sebuah kesalahan, pola asuh seperti itu, justru membuat kreatifitas anak tidak berkembang dan tumbuh tanpa skill yang memadai.

Penyesalan memang selalu datang belakangan. Maka dari itu, pergunakanlah waktu dengan baik, agar nanti tidak terlalu banyak penyesalan di usia senja.

Tidak ada komentar untuk "Deretan Penyesalan di Usia Senja"