5 Hantu Indonesia Yang Populer Meski Wujudnya Menyeramkan

Hantu Indonesia

Sesuatu hal yang berbau mistis selalu menjadi topik pembicaraan yang menarik, terlebih pada setan atau hantu. Meski menakutkan, tapi nyatanya banyak orang yang ingin mencari tahu. Dan bahkan kerap diangkat ke dalam dunia perfilman. Di Indonesia, setan memiliki banyak jenis yang dikenal oleh masyarakat, latar belakang munculnya pun beragam. Inilah 5 setan populer di Indonesia walaupun wujudnya mengerikan.

5. Tuyul
hantu ini memiliki wujud kecil mungil. Meskipun begitu, ternyata hantu ini sangat merepotkan. Pasalnya, tuyul kerap mencuri uang di rumah korbannya. Menurut kisah mitologinya,tuyul berwujud seperti manusia, namun sangat kecil. Dari kisah yang berkembang, tuyul tercipta dari janin yang keguguran. Lalu bayi yang tak jadi itu berubah menjadi makhluk halus berupa tuyul.

Dari kepercayaan samawi, tuyul dianggap sebangsa jin yang telah adah sejak dulu. Berbagai kepercayaan orang jawa mengatakan bahwa tuyul merupakan peliharaan manusia untuk melakukan pesugihan. Rumor yang beredar, tuyul suka bermain dengan kepiting.

4. Genderuwo
Dalam bahasa Kawi, genderuwo disebut dengan "gandharwa". Mitosnya, hantu yang berjenis kelamin laki-laki ini berasal dari legenda Persia kuno. Dalam kisahnya, gandharwa merupakan siluman air yang selalu menyedot aura positif pada diri manusia. Beberapa orang Jawa mempercayai genderuwo memiliki tubuh besar, dan biasa muncul pada saat menjelang malam untuk mencari korban wanita.

3. Kuntilanak
Kisah yang sering beredah, kuntilanak merupakan sosok makhluk halus perempuan. Menurut cerita dari berbagai sumber, awalnya ia merupakan perempuan yang meninggal pada saat sedang hamil. Dalam bahasa Melayu, kuntilanak disebut sebagai "Pontianak" atau "Puntianak". Puntianak sendiri dianggap sebagai singkatan dari "Perempuan Mati Beranak".

Umumnya, kuntilanak digambarkan sebagai wanita dengan rambut panjang mengenakan pakaian warna putih. Ia sering muncul di malam hari dengan wewangian beraroma bunga.

2. Sundel Bolong
Banyak orang mengatakan sundel bolong memiliki kemiripan dengan kuntilanak. Hanya saja bagian belakan sundel bolong disebut-sebut memiliki lubang yang dalamnya berisi banyak belatung. Jenis hantu ini merupakan mitos dari negeri Jiran, dan kisah seramnya dibawa masuk ke nusantara. Kemunculan sundel bolong sama dengan kuntilanak, keduanya memiliki karakter tertawa khas yang membuat bulu kuduk merinding.

1. Pocong
Hantu ini sangat populer di Indonesia. Bisa dibilang, hantu ini paling menyeramkan. Banyak cerita yang beredar di masyarakat. Namun yang paling dipercaya adalah pocong yang bergentayangan untuk dibukakan ikatan di kepalanya. Konon, sebelum dikubur, ikatannya belum dibuka. Maka dari itu ia bergentayangan untuk dilepaskan tali pocongnya.

Sejak lama, legenda ini menjadi perbincangan masyarakat. Dari berbagai cerita, pocong sering datang di dekat pohon pisang.

Tidak ada komentar untuk "5 Hantu Indonesia Yang Populer Meski Wujudnya Menyeramkan"