Wisata Perairan Cukang Taneuh (Green Canyon) Pangandaran


Ternyata Green Canyon tak hanya ada di Amerika, di Indonesia-pun memiliki tempat wisata yang hampir sama dan pastinya tak kalah menarik. Objek isata Green Canyon yang ada di Indonesia merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus ke arah gua yang indah.

Sungai tersebut terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Aliran sungai yang mengalir ke hilir tersebut diapit tebing bebatuan dan ditumbuhi pepohonan yang rindang. Ditambah dengan kicauan burung kadang terdengar, membuat lokasi wisata tersebut terasa harmonis. Namun Green Canyon sendiri terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat, kurang lebih 31 km dari Pangandaran.

Objek wisata ini memiliki nama asli Cukang Taneuh yang memiliki arti . Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993. Hal itu dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan para petani menyeberang di sekitar sana menuju kebun mereka.

Untuk mencapai lokasi, para pengujung harus berangkat dari dermaga Ciseureuh dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu tempel atau kayuh yang banyak disewakan di sekitar sana. Jarak antara dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3km, waktu yang di tempuh berkisar 30-45 menit. Sepanjang perjalanan pengunjung akan melewati sungai dengan air berwarna hijau tosca. Mungkin dari sinilah nama Green Canyon berasal.

Pada saat hampir sampai di lokasi Green Canyon, jalur aliran sungai akan menyempit sedikit demi sedikit, hal tersebut mebuat perahu harus bergantian untuk memasuki jalur. Ada pula pengatur yang memberi arahan untuk para pengemudi perahu agar dapat melaju dengan tertib. Saat jarak semakin dekat dengan mulut gua, perahu tidak dapat mengantarkan lagi para rombongan, karena memang jalurnya yang tak bisa dilalui.

Selanjutnya pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap di tepian yang beralas batu. Disediakan ban dan pelampung bagi yang memilih untuk berenang. Meski harus menempuh cara yang lumayan sulit, namun perjalanannya relatif aman asalkan mengikuti araha dari pemandu.

Selama dalam perjalanan cekungan dinding terjal akan terus ada di kanan kiri yepian sungai. Dinding-dinding untuk menyajikan keunikan tersendiri, yang menarik ada dinding berbentuk seperti sebuah gua dengan atap yang sudah runtuh. Selain itu di bagian atas beberapa kali pengunjung akan melewati stalaktit-stalaktit yang masih dialiri dengan tetesan air tanah.

Setelah berenang ratusan meter, akan menjumpai beberapa air terjun kecil di bagian kiri kanan yang begitu cantik. Jika ingin diteruskan berenang sampai pada ujung jalan, maka nanti akan sebuah gua yang dihuni oleh brgitu banyak kelelawar.

Green Canyon atau Cukang Taneuh memang merupakan tempat wisata yang sangat menarik di sekitar daerah Pangandaran. Selain pemandangan indah yang berada di atas permukaan air, Green Canyon juga akan menjadi surga tersendiri bagi yang suka dengan pesona eindahan bawah air.

Untuk Anda yang tertarik ingin menikmati keindahan objek wisata Green Canyon, maka direkomendasikan untuk datang pada musim kemarau. karena pada musim ini, air sungai Cijulang berwarna hijau tosca. Sedangkan pada saat curah hujan yang tinggi, air sungai akan terlihat berwarna coklat. Selain itu juga pada musim hujan, kemungkinan besar air sungai akan mengalami pasang dan aliran air sungai terlalu deras, sehingga tempat ini sering ditutup pada musim penghujan demi keselamatan pengunjung.

Tidak ada komentar untuk "Wisata Perairan Cukang Taneuh (Green Canyon) Pangandaran"