Kisah Sukses Harland Sanders Sang Pendiri KFC

Harland Sanders
Mungkin sudah tak asing lagi bagi kita dengan sebuah tempat makan yang bernama Kentucky Fried Chicken, atau yang sering disingkat dengan KFC. Namun tahukah Anda siapa pemilik restoran ayam cepat saji tersebut?

Ia bernama Colonel Harland Sanders, lahir pada 9 September 1890. Membangun resoran ternama tersebut bukanlah hal yang mudah. Berkat kegigihannya untuk mencapai asanya meski dengan perjalanan yang sangat panjang.

Sejak ditinggal ayahnya sedari kecil, menjadikan Sanders harus tetap mandiri, bahkan dalam hal masak memasak. Masa remajanya dihabiskan untuk bekerja demi kehidupan keluarganya. Mulai dari bekerja di sawah, kuli, tukang parkir, sampai menjadi tentara pernah dia geluti.

Usai berhenti dari angkatan darat, hasil pensiunan yang ia dapat tak cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Akhirnya ia bergabung menjadi pemadam kebakaran di kereta api.

Di tahun 1929, Sanders mencoba peruntungannya dengan membuka jasa servis mobil di daerah Kentucky. Suatu hari, pelanggannya memberi tahunya di daerah tersebut kekurangan tempat untuk makan. Hingga akhirnya, Sanders memiliki ide untuk membuka restoran cepat saji di wilayah tersebut.

Bengkel yang ia miliki, dirubahnya menjadi sebuah restoran.  Setiap harinya, sanders selalu kedatangan banyak pelanggan. Mulai dari situlah Sanders mencoba menjual resep ayam goreng buatannya.

Di tahun 1939, Sanders terus berinovasi dengan resep ayam gorengnya. Hingga akhirnya ia menemukan resep spesial ayam goreng tanpa bau dan tidak banyak minyak goreng yang terserap. Resep tersebut dikenal dengan sebutan "Sebelas bumbu rahasia KFC".

Tahun ke tahun, pelanggan dari restorannya mulai sepi. Hal tersebut dikarenakan lokasi restorannya tak lagi strategis. Banyak bangunan baru yang membuat restorannya tak terlihat dari pinggir jalan. Hal tersebut memaksa dirinya untuk menjual rumah makannya. Hasil penjualan rumah tersebut, tak cukup membayar hutang-hutangnya.

Sanders terus mencoba peruntungannya dengan resep ayam gorengnya. Berkali-kali ia menawarkan ke beberapa restoran, namun saat itu banyak yang menolak resepnya.

Setelah melewati perjalanan yang panjang dan banyak penolakan,  di tahun 1952, Sanders akhirnya berhasil menjual resepnya secara waralaba ke Kentucky Fried Chicken pada saat bertemu Pete Harman dari South Lake Utah.

Konsep bisnis waralaba bersama KFC telah berhasil dan dijual pada tahun 1964. Di Usia 75 tahun, bisnis KFC menjadi salah satu restoran dengan pertumbuhan cabang yang sangat banyak. Selain itu, Sanders juga mendapat gaji sebesar 75 ribu Dollar atau sekitar Rp 750 juta Rupiah setiap bulan selama seumur hidup .

Begitulah kisah sukses dari pendiri KFC. Dengan tekad yang gigih, ia berhasil meraih kesuksesannya di usia senjanya. Tak terlambat untuk memulai sesuatu yang baik, belajarlah dari kisah Harland Sanders yang tak pernah putus asa dalam menjalani perjalanan hidupnya.

Tidak ada komentar untuk "Kisah Sukses Harland Sanders Sang Pendiri KFC"