Elvis Presley, Sang Raja Rock N Roll di Era 50an

Elvis Presley
Elvis Presley adalah seorang musisi atau pun aktor yang terkanal di era 1950an. Ia muncul di berbagai radio, televisi dan layar perak. Elvis berasal dari keluarga yang cukup sederhana, ayahnya bekerja sebagai tukang kayu, petani, dan pekerja pabrik. Untuk mendukung keluarga, ia pernah mencoba bekerja namun tak memiliki banyak hasil. Ia ibesarkan di lingkungan kalangan "kelas dua", dan akhirnya tumbuh menjadi salah satu nama terbesar dalam skena rock 'n' roll.

Ia memiliki nama lengkap Elvis Aron Presley, lahir pada 8 Januari 1935 di Tupelo, Mississippi. Elvis juga dikenal dengan sebutan "The King" dan "The King of Rock 'n' Roll". Selain penyanyi, The King adalah seorang produser musik dan aktor. Berkat lagu-lagunya yang memadukan irama rock 'n' roll dengan lagu-lagu ballad, dunia rock 'n' roll memperoleh fondasi komersial yang selanjutnya dikembangkan oleh musisi rock 'n' roll penerusnya.

Elvis tumbuh dewasa dikenal dekat dengan ibunya. Kemampuan menyanyi Elvis ditemukan ketika sekolah dasar di Tupelo, dan pertama kali mulai bernyanyi dengan paduan suara gereja setempat. Ia menerima gitar pertamanya sebagai hadiah ulang tahun ketika dia berusia dua belas tahun dan mulai mempelajari bermain gitar sendiri, meskipun ia saat itu tidak bisa membaca not musik. Pada masa kejayaannya, konser-konser Elvis sering dihadiri penggemarnya yang kebanyakan dari kalangan remaja dalam jumlah yang lumayan besar.

Pada tahun 1953, setelah Elvis lulus dari L. C. Sekolah Tinggi Humes di Memphis, ia mulai bekerja sebagai sopir truk untuk membiayai perjalanan karirnya ke studio Memphis Recording Services. Kurang dari satu tahun kemudian ia merekam lagu "That's All Right Mama" untuk Sun Records. Ini menjadi rilis komersial pertamanya dengan menjual dua puluh ribu eksemplar.

Pada tahun 1956, itu  merupakan awal karir Elvis sebagai penyanyi profesional. Merilis single pertamanya yang berjudul Heartbreak Hotel, dibawah label RCA Victor Records pada tanggal 27 Januari. di 23 Maret, RCA merilis album pertama Elvis. Di tahun yang sama, 16 November, film pertama Elvis, LOVE ME TENDER, diluncurkan. Film ini menuai banyak kritik, namun mendapat angka penjualan yang sangat baik. Secara keseluruhan Elvis tampil dalam 31 judul film.

Presley pernah menjadi angkatan militer AS. Ia menerima rancangan pemberitahuan pada tahun 1957, dan dilantik ke Angkatan Darat. Dia akhirnya ditugaskan di Jerman selama sekitar satu tahun setengah. Sesaat sebelum Presley berangkat ke Eropa, ibu tercintanya, Gladys, meninggal. Dia diberikan cuti untuk kembali ke Memphis untuk menghadiri pemakaman. Meskipun sangat sedih dengan kematiannya, Presley kembali bertugas. Sementara di Jerman, semangatnya sedikit terangkat ketika ia bertemu dengan seorang remaja muda bernama Priscilla Beaulieu.

Pada tahun 1960, ia meninggalkan Angkatan Darat, Presley kembali dengan karirnya dan kembali di puncak tangga lagu dengan soundtrack untuk film GI Blues. Dia terus merekam musik dan berakting di film Blue Hawaii (1961),  Girls! Gadis! Gadis! (1962) dan Viva Las Vegas (1964).

Keberhasilan Elvis di industri hiburan didampingi oleh sejumlah kegagalan dalam kehidupan pribadinya. Pada 1972 ia bercerai dengan istrinya lantaran Priscilla ketahuan selingkuh dengan guru karatenya, Mike Stone, yang juga salah satu teman Elvis. Hal itu berimbas pada tingkat kesehatannya. Sejak perceraiannya, Elvis merasa depresi berat. Dia merasa telah dipecundangi oleh sahabatnya. Harga dirinya seakan jatuh saat tahu dia kalah saing dengan seorang guru karate.

Elvis pernah berkonsultasi dengan psikolog terkait kehidupan pribadinya yang dramatis, namun tak membuahkan hasil yang baik. Akibat ketergantungan obat penenang, kesehatan dan penampilannya mengalami penurunan di pertengahan 1970-an. Penampilan terakhirnya dalam sebuah konser di Market Square Arena di Indianapolis, tanggal 26 Juni 1977. Pada 16 Agustus 1977, diusia 42 tahun, Elvis menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya di daerah Graceland, Memphis.

Tidak ada komentar untuk "Elvis Presley, Sang Raja Rock N Roll di Era 50an"