Wisata Alam Kalibiru: Cocok Untuk Yang Gemar Phptography

Papan sambutan di Wisata Alam Kalibiru
Wisata Kalibiru merupakan obyek wisata alam yang patut untuk dikunjungi para pecinta photography. Banyak spot yang indah yang cocok untuk memotret keindahan alamnya. Obyek wisata ini terletak di desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DI provinsi Daerah Khusus Yogyakarta. Keberadaan tempat wisata ini terletak di daerah perbukitan Menoreh.

Dari atas bukit, para pengunjung disuguhkan dengan keindahan alam yang asri, serta dapa melihat waduk Sermo pada saat diatas puncak. Pada saat cerah, pengunjung juga bisa melihat hamparan ombak di pantai selatan. Jika kita menengok ke arah timur, nampak dataran yang terbentang cukup luas. Tak hanya itu, di pagi hari Anda dapat kesempatan untuk melihat sunrise. Tempat sepertiitu sangat dimanati untuk para penyuka photography.

Penambahan Spot di Kawasan Wisata Kalibiru

Sayangnya, keindahan obyek wisata alam Kaliburu ini mengalami penurunan jumlah pengunjung di tahun 2017. Data dari pihak pengelola, tercatat sekitar 309.541 pengunjung di tahun 2015, di tahun 2016 ada  443.070, dan catatan hingga bulan September 2017 hanya sekitar 245.376 wisatawan yang datang. Pihak Pemda bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk mengelola tempat wisata ini agar tetap menarik perhatian wisatawan.

Sudadi sebagai pihak pengelola obyek wisata Kalibiru tak mengetahui secara pasti mengapa ada penurun jumlah pengunjung. Namun, pihak pengelola telah membuat perubahan dengan membangun tempat bersepeda dan spot ayunan untuk bemain anak. Rencana kedepannya, mereka akan menambakan permainan air seperti kolam renang di daerah tersebut.
Foto: Pratiwi Suryakartadilaga (IG: @adpratiwis)

Penginapan di Kawasan Wisata Kalibiru

Pada saat ini, fasilitas homestay atau penginapan tak hanya ada di area wisata, di luar area pun kini saudah dibuatkan tempat yang layak untuk menginap. Hal tersebut untuk meminimalisirkan jumlah wisatawan yang kesulitan mencari penginapan pada saat liburan datang. Masyarakat setempat berinisiatif untuk membangun penginapan yang dekat dengan kawasan wisata Kalibiru.

Harga penginapan yang ada di dalam kawasan wisata Kalibiru berkisar Rp. 300.000-an untuk semalam dengan jumlah ideal 6 orang di dalam penginapan. Jika lebih dari itu, akan dikenaka tambahan seharga tiket masuk area wisata Kalibiru. Untuk penginapan yang ada di luar area, harganya per malam sekitar Rp 120.000 per kamar dengan jumlah maksimal 3 orang.

Untuk tempat jajan dan makan juga telah tersedia di area wisata. Beberapa tempat untuk lounge sanga nyaman dan pemandanganpun begitu indah di sekitarnya. Datanglah ketempat wisata alam Kalibiru untuk menikmati keindahan yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar untuk "Wisata Alam Kalibiru: Cocok Untuk Yang Gemar Phptography"