Wajah Berkomedo, Gunakan 5 Cara Menghilangkan Komedo

Wajah berkomedo
Komedo merupakan masalah masalah yang sering dijumpai oleh orang-orang dengan kulit berminyak. Komedo umumnya muncul di area T wajah, khusunya pada bagian hidung. Hal tersebut pastilah sangat menggangu penampilan wajah. Beberapa orang yang mengalami masalah dengan komedo biasanya menutupinya dengan bedak. Namun apabila hal tersebut terus dilakukan justru dapat menyumbat pori, bisa-bisa akan timbul masalah baru di area wajah.

Tak berbeda dengan jerawat, munculnya komedo disebabkan adanya minyak berlebih yang menyumbat pori-pori di kulit wajah. Kotoran ataupun sel kulit mati juga dapat memicu timbulnya komedo di daerah wajah. Komedo dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri, terlebih pada wanita. Namun ada 9 cara alami yang dipercaya dapat menghilangkan komedo.

5 Cara Alami Hilangkan Komedo

1. Putih Telur

Tak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, kandungan nutrisi pada putih telur juga dapat menghaluskan dan menghilangkan minyak di bagian wajah. Putih telur cukup ampuh untuk mengangkat komedo dari dalam pori-pori dan bisa mencegah komedo muncul kembali.

Cara pemakaian:
Pecahkan telur ayam, lalu pisahkan putih dan kuning telur. Gunakan putih telur saja, kemudia kocok hingga terlihat mengembang. Oleskan putih telur tersebut ke bagian wajah yang berkomedo, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu, bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Lidah Buaya

Kandungan aloe vera atau lidah buaya tak hanya bermanfaat rambut. Gel pada lidah buaya mengandung hormon auksin dan giberelin yang mampu melembabkan dan mungurangi peradangan pada kulit wajah. Karena itulah lidah buaya cocok digunakan untuk membersihkan komedo.

Cara pemakaian:
Gunakan lidah buaya secukupnya, lalu ambil gel yang terdapat di dalamnya. Oleskan gel tersebut di area yang berkomedo, diamkan 10 s/d 15 menit, gunakan air hangat untuk membilasnya.

3. Baking Soda

Tidak hanya mampu menghilangkan jerawat, baking soda juga cukup ampuh untuk mengangkat komedo. Pada dasarnya, baking soda difungsikan untuk mengikis sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori (eksfolian) di bagian wajah.

Cara pemakaian:
Campurkan dua sendok makan air hangat dan satu sendok makan baking soda. Oleskan pada wajah sambil dipijat memutar selama 3 menit, lalu bilas dengan air hangat. Pada pemakaian dengan menggunakan baking soda lebih baik jangan terlalu lama, karena dapat membuat kulit wajah menjadi kering.

4. Uap Air Panas

Uap air panas membuat pori-pori dibagian wajah terbuka, minyak yang tersumbat yang menjadi komedo akan keluar dengan sendirinya. Hal ini merupakan yang paling mudah dan simpel.

Cara pemakaian:
Masak air hingga mendidih, lalu tuang air panas tersebut ke dalam wadah. Dekatkan wajah Anda ke wadah, usap uap hasil dari air panas ke wajah. Lakukan kurang lebih selama lima menit.

5. Pasta Gigi

Terdengarnya agak sedikit aneh, namun metode alternatif membersihkan komedo dengan menggunakan pasta gigi lumayan ampuh. Meski rasanya agak sedikit panas, namun sensasi mint yang ada pada pasta gigi mampu mengangkat komedo komedo dari kulit wajah.

Cara pemakaian:
Ambil pasta gigi secukupnya, lalu oles pada wajah yang muncul komedo. Diamkan selama 10 menit, kenudian bilas pakai air hangat. Sangat dianjurkan dilakukannya di malam hari pada saat sebelum tidur.

Seperti itulah cara untuk menghilangkan komedo di wajah. Jika dilakukan dengan rutin, mampu mencegah timbulnya komedo. Selain itu, Anda juga harus menjalani gaya hidup sehat, serta kurangi mengkonsumsi makanan berminyak agar terhindar dari masalah komedo yang menjengkelkan.

Tidak ada komentar untuk "Wajah Berkomedo, Gunakan 5 Cara Menghilangkan Komedo"