Antonio Meucci, Penemu Telepon Yang Sempat Tak Diakui

Kalau membuka buku sejarah umum pada masa lalu, mungkin yang kita tahu bahwa penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, namun jika kita membacanya sekarang Bell bukan lah penyandang predikat penemu telepon lagi. Tercatat dalam buku ilmu pengetahuan umum saat ini penemu telepon adalah Antonio Meucci. Tak ada yang salah memang kalau sebelumnya mempelajari penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, karena saat itu buku terkait pengetahuan umum tertulis demikian.

Telepon merupakan sebuah alat komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dengan suara. Cara pengoperasian telepon pada umumnya dengan metode transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon dapat berkomunikasi dengan lancar dengan pengguna lainnya.

Pada tahun 1871, seorang penggiat komunikasi berkebangsaan Italia yang bernama lengkap Antonio Santi Giuseppe Meucci mencoba mematenkan penemuannya yang dikenal dengan sebutan Sound Telegraph. Penemuan inilah yang memungkinkan untuk berkomunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel. Ia telah mencoba merangkai penemuan tersebut mulai tahun 1849.

Giuseppe Meucci dilahirkan di dekat kota Firenze pada tahun 1808. Setelah ia lulus di Akademi Kesenian Firenze, ia bekerja di Teatro della Pergola, kemudian berimigrasi bersama istrinya karena ditawari pekerjaan di Teatro Tacon di Havana, Kuba. Di waktu senggangnya, ia bereksperimen untuk menciptakan benda-benda yang belum pernah ada.

Berselang beberapa tahun, ia pindah ke Staten Island, New York, pada tahun 1850. Kala itu ia mengalami gangguan ekonomi sehingga ia jatuh miskin, akan tetapi masih tetap mencoba menyempurnakan kasil karya yang diciptakannya. yakni telepon. Meucci menjadi korban ledakan di kapal feri dan menghabiskan waktu lama di rumah sakit, keluarganya tak mampu membayar biaya rumah sakit, hingga  akhirnya beberapa alat yang diciptakannya dijual untuk membayar biaya rumah sakit.

Setelah sembuh dari penyakitnya, ia kembali melanjutkan hasil penemuannya yang belum sempurna. Setelah merasa lebih baik akhirnya ia mendaftarkan penemuannya tersebut pada tahun 1871, namun karena saat itu minim keuangan, ia hanya bisa mematenkannya selama satu tahun dan harus diperpanjang di tahun selanjutnya.

Dengan berbagai cara, ia membuat demonstrasi terkait potensi "telegraf berbicara" nya demi mendapat hak paten seutuhnya. Dengan alat peraga dan beberapa data hasil penemuannya, ia membeberkan semua hasil karyanya tersebut ke pihak penyedia perusahaan telegraf, yaitu Western Union (WU).

Karena merasa selalu gagal bertemu wakil ketua perusahaan WU saat itu, Edward B.Grant, dua tahun kemudian ia meminta kembali semua materi penemuan telponnya. Namun, tak ada hasil apapun yang didapat Antonio Meucci, karena pihak WU beralasan semua dokumennya telah "hilang".

Di tahun 1876, Meucci merasa terkejut pada saat mendengar Alexander Graham Bell mendapatkan predikat sebagai penemu telepon. Ia menyewa pengacara untuk mendapatkan haknya pada penemuannya itu. Meucci tak mendapatkan hasil yang baik, ia kalah dalam kasus di persidangan dengan pernyataan Alexander Graham Bell lah yang punya hak penuh terhadap penemuan telepon. Sebelum mendapatkan haknya, Meucci akhirnya wafat pada18 Oktober 1889.

Hasil temuan baru terkait kasus tersebut terungkap setelah pihak WU dan Alexander Graham Bell saling berselisih. Perselisihan tersebut justru membongkar kasus lama yang pernah ada, Bell rela membayar 20% selama 17 tahun kepada pihak WU atas keuntungan yang didapat secara komersial dari klaim penemuan telepon.

Dalam sebuah buku yang ditulis oleh Seth Sulman yang berjudul "The Telephone Gambit: Chasing Alexander Graham Bell's Secret", menyinggung tentang apa yang dilakukan oleh Bell. Menurut pemaparan Sulman, dia percaya bahwa dokumen milik Bell yang pernah disimpan secara tertutup dari1976, telah di publikasikan pada tahun 1999.

Dalam dokumen laboratorium yang kala itu tak dibeberkan menjelaskan bahwa Bell dan Thomas Watson pernah melakukan percobaan mentransmisikan gelombang elektromagnetik melalui kabel, namun tak berhasil. Sebelum mereka pergi untuk mematenkannya di Washington, keduanya pernah melakukan percobaan tersebut selama dua belas hari. Setelah merasa berhasil, pengajuannya langsung dilakukan. Saat itu Bell  bermodal sketsa diagram yang sama persis dengan yang dimiliki oleh Meucci.

Setelah seabad lebih lamanya mempercayai Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon, akhirnya pada tanggal 11 Juni 2002 sejarahpun diluruskan. Kongres  di Amerika Serikat mengesahkan Resolusi 269 untuk menghargai dan mengakui bahwa Antonio Meucci adalah seorang penemu telepon. Dalam ilmu pengetahuan umum telah merubah nama penemu telepon dari Alexander Graham Bell menjadi Antonio Santi Giuseppe Meucci sejak 2002 sampai saat ini.

Tidak ada komentar untuk "Antonio Meucci, Penemu Telepon Yang Sempat Tak Diakui"