Sejarah Singkat Herman Johannes, Gambar Pahlawan di Uang Pecahan Rp. 100 Terbaru


Pada hari Senin 19 Desember 2016, Bank Indonesia secara resmi menerbitkan beberapa uang keluaran terbaru. Salah satu uang yang dikeluarkan BI, ada gambar pahlawan nasional pada uang logam pecahan Rp. 100. Ia bernama Prof Dr Ir Herman Johannes, belum banyak orang yang tahu kiprah beliau di Indonesia.

Herman Johannes ada seorah pria yang dilahirkan di Rote, Nusa Tenggara Timur, pada tanggal 28 Mei 1912. Latar belakangnya dalah pendidik dan ilmuwan. Atas jasa-jasa yang diberikan oleh beliau untuk negri ini, pada 2009 lalu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahi Herman sebagai Pahlawan pelindung paripurna Indonesia.

Herman pada saat muda pernah ikut serta dalam Serangan Umum 1 Maret 1949, yang dikenal dengan serangan kilat yang menyerbu Kota Yogyakarta di pagi buta dan bisa menduduki ibu kota Republik selama enam jam.

Pada 1950 sampai dengan 1951, Herman dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum di era Soekarno. Herman juga pernah menjabat Rektor di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 1961 hingga tahun 1966. Kemudian di tahun 1966 ia di angkat sebagai Koordinator Perguruan Tinggi (Koperti), masa jabatannya berkhir pada 1979. Dalam periode 1968-1978, dia juga dipercaya untuk menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA) RI.

Selain beliau berkiprah di dunia pendidian dan perpolitikan, Herman juga ahli di bidang fisika dan kimia. Herman pernah diminta untuk memasang bom di jembatan kereta api Sungai Progo oleh Letkol Soeharto yang saat itu sebagai Komandan Resimen XXII TNI yang membawahi daerah Yogyakarta. Karena dianggap menguasai teori jembatan itu, Johannes pun turut membantu pasukan Resimen XXII mengebom jembatan tersebut.

Herman meninggal di Yogyakarta, 17 Oktober 1992 di umur 80 tahun. Begitulah riwayatnya yang bisa diceritakan secara singkat meskipun masih ada rentetan sejarah tentangnya. Jangan pernah lipakan dan hargailah jasa-jasa para pendahulu kita, dan jagalah Indonesia seperti layaknya para pahlawan menjaga negri tercinta ini.

Tidak ada komentar untuk "Sejarah Singkat Herman Johannes, Gambar Pahlawan di Uang Pecahan Rp. 100 Terbaru"