Keindahan Surganya Banyuwangi, Pantai Wedi Ireng



Pantai Wedi Ireng merupakan pantai yang saat ini cukup banyak dikunjungi para wisatawan. Letaknya yang seakan-akan menghindar dari keramaian kota, membuat orang ingin melihat secara langsung keberadaannya. Wisata pantai bahari ini dihiasi dengan keindahan pasir putih dan airnya yang cukup jernih. Meskipun masih jarang terdengar nama pantai ini, namun pantai ini cukup menarik perhatian para wisatawan.

Pantai Wedi Ireng terletak di Dusun Pancer, desa Sumberagung, kecamatan Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi. Jaraknya dari pusat kota Banyuwangi sekitar 65 kilo meter dan menempuh 3 kilo meter kalau dari pulau merah.

Mungkin orang akan bertanya-tanya mengapa pantai ini bernama Pantai Wedi Ireng, akan tetapi warna pasirnya justru didominasi putih. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kata 'wedi' memang memiliki arti pasir, dan 'ireng'  diartikan hitam. Dinamakan demikian karena ada sebagian pasirnya yang berwarna hitam, walaupun ada beberapa spot di pantai ini yang pasirnya berwarna putih.

Pada umumnya para wisatawan memang banyak yang mencari pantai yang berombak tinggi, tapi jika ada yang ingin meransakan teluk yang lumayan sunyi dengan ombak landaidan diapit dengan perbukitan yang hijau, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Pantai ini terbagi menjadi dua bagian, yakni barat dan timur. kedua bagain ini dipisahkan dengan bebatuan.

Perjalanan menuju pantai ini cukup menantang apabila menggunakan jalur darat, jalur ini cukup digemari para pecinta pendaki gunung. Jalan yang cukup terjal dan berbatu, serta harus mengikuti alur yang naik dan turun karena melewati bukit. Apalagi pada saat musim hujan datang, jalannya dapat dipastikan akan licin dan becek. Saat melintasi jalan setapak perlu kewaspadaan yang lebih saat menuruni bukit, di sekitarannya pun masih ditumbuhi dengan tanaman liar berduri.

Jika Anda pecinta cross, di sana juga ada jalan yang khusus dibuatkan untuk cross biker untuk menuju pantai. Jalur yang akan ditempuh sekitar 5 kilometer. Medannya yang juga cukup menantang bagi para pecinta kendaraan kendaraan itu.

Tapi jika ada yang tak gemar motor cross dan tak mau berjalan menaiki dan menuruni bukuit, disediakan pula ojek perahu yang bisa dilewati melalui jalur air. Perjalanan menggunakan perahu pun tak kalah menantangnya. Karena ombak juga terkadang cukup besar di perairan Samudra Indonesia, cukup mendebarkan apabila melaewatinya
Ojek perahu yang dikelola swadaya oleh penduduk sekitar
Fasilitas yang disediakan disana cukup lengkap meskipun sederhana, ada jajanan makanan dan minuman, tempat bilas untuk mandi, serta kursi sandar yang ditaruh di pesisir pantai ini.
Tempat duduk bersandar
 Petunjuk arah melalui Google Maps

/div>

Tidak ada komentar untuk "Keindahan Surganya Banyuwangi, Pantai Wedi Ireng"