Keanggunan Pantai Sawarna

Surfing (Doc. Nico Prins)

Pantai sawarna bisa dianggap sebagai The Hidden Paradise, dengan keanggunan konsep alam yang begitu indah membuat para pengunjung yang datang kesana tak lagi meragukan kecantikan pantai tersebut. Awalnya, Sawarna adalah nama sebuah desa yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Seiring berjalannya waktu, nama tersebut lebih dikenal sebagai tempat wisata yang bernama Pantai Sawarna. Sebelum dikenal banyak orang, wilayah tersebut dianggap memiliki sisi angker, namun kini sisi tersebut telah hilang dikalahkan dengan panoramanya yang sangat indah.

Sebagian warga setempat di daereah Sawarna bekerja sebagai nelayan penangkap ikan kecil impun dan ikan teri halus atau kadang orang kota menamakannya teri medan.

Begitu beragam pesona yang disajikan oleh Pantai Sawarna seperti pasir putih dan batu karang. Banyak tempat-tempat yang bisa dikunjungi, seperti Pantai Ciantir yang memiliki tipikal ombak laut selatan Jawa yang menggulung tinggi, membuat minat ingin menaklukkan ombak bagi para peselancar luar ataupun dalam negeri.

Selain itu, disana juga terdapat beberapa Goa dengan panjang kurang-lebih sekitar 400 meter, diantaranya, Goa Lalay, Langir, Dan Seribu Candi. Jika para pengunjung tidak membawa perlengkapan penerangan untuk menyusuri goa tersebut, tak perlu khawatir, karena disana juga ada tempat penyewaan alat penerangan seperti senter yang bisa diikat dikepala dan helm dengan tarif yang relatif murah pastinya.

Sunrise
Saat sunset, para wisatawan lebih memilih Pantai Tanjung Layar. Karena disana dapat menyaksikan keindahan sinar matahari saat terbenam. Dengan pemandang batu-batu besar dan tinggi menjulang, serta dibalik batu tersebut ada dinding penahan gelombang. Suasana yang sedemikian indah, membuat senja terkesan semakin romantis. Namun apabila pagi menjelang, wisatawan akan memilih Pantai Legon Pari sebagai tempat persinggahannya untuk melihat matahari terbit.

Untuk menghubungkan satu tempat ke tempat lainnya, disana juga ada jembatan yang dinamakan dengan sebutan Jembatan Goyang, jembatan tersebut bisa mengundang tawa saat melintas diatasnya. Jembatan tersebut menghubungkan jalan ke Pantai Tanjung Layar, Pasir Putih, dan Legon Pari. Tiap-tiap jembatan memiliki panjang kurang-lebih sekitar 50 meter.

Saat berada disana disarankan untuk membawa uang yang lebih, karena untuk mengambil tunai melalui ATM hanya ada di Kecamatan Bayah yang berjarak 15 kilometer dari Desa Sawarna. Walaupun jalan menuju wilayah tesebut begutu jauh, namun semua dapat terbalas dengan keindahan alamnya. Saat berada disana diharapkan untuk tidak merusak ataupun membuang sampah sembarang demi menjaga keasriannya. Diamanapun Anda berada, hargailah alam, karena alam telah memberikan berbagai fitur yang menarik bagi kita semua.

Tidak ada komentar untuk "Keanggunan Pantai Sawarna"