MITOS LUKISAN "THE CRYING BOY"


"The Crying Boy" adalah lukisan karya pelukis Itali Bruno Amadio, yang juga dikenal sebagai Giovanni Bragolin yang telah diproduksi secara masa masal. Lukisan ini bernuansa sendu. Sang seniman Giovanni Bragolin menggoreskan tintanya diatas kanvas, ia melukiskan sebuah potret seorang anak kecil yang sedang menangis. Anak tersebut seorang anak yatim piatu yang telah ditinggalkan kedua orang tuanya saat terjadi tragedi kebakaran.

Lukisan tersebut terbagi menjadi beberapa versi. Ironisnya, anak yang dilukis oleh Giovanni Bragolin itu dikabarkan tewas dalam sebuah tragedi ledakan, ada juga versi yang mengatakan anak itu tewas dalam peristiwa kecelakaan mobil (mungkin mengakibatkan ledakan) dan kejadian tersebut disusul dengan terbakarnya studio milik sang pelukis. Para normal meng-klaim bahwa anak tersebut terjebak didalam lukisan, dan meyakini lukisan tersebut menjadi kutukan bagi siapapun yang memajangnya, cerita kutukan tersebut menyebar dalam berbagai versi di setiap kalangan.

Pada 4 September 1985 "The Sun" salah satu tabloid inggris membuat berita yang berjudul "Blazing Curse Of The Crying Boy" yang menyatakan bahwa lukisan tersebut pembawa sial. Misteri lukisan tersebut tak terbendung, banyakyang memprotes terhadap lukisan itu. tercatat sejak tahun 1985 ada 50an kasus kebakaran dengan motif yang sama, yaitu semua rumah hancur terbakar tetapi lukisan tersebut masih tetap utuh.

Tim investigasi pun diturunkan untuk mencari bukti, setiap kebakaran dipicu oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan, panas chip-pans atau pun rusaknya alat-alat elektronik. Tapi masyrakat tetap meyakini kutukan tersebut, hingga sampai puncaknya semua orang yang punya lukisan TCB membakarnya, tapi masih ada juga sebagian yang masih menyimpan salinannya dengan alasan tak mempercayai kutukan tersebut.

Di era yang semakin modern ini, masyarakat membantah tentang mitos lukisan TCB yang pernah dipercayai orang-orang sebelumnya, karena setiap kebakaran yang terjadi saat itu bisa dijelaskan secara detail penyebabnya. Kesimpulan dari setiap tim investigasi menganggap tak ada kebakaran yang disebabkan oleh sebuah lukisan yang hanya dipajang. Masih percaya mitos pada lukisan ini?



img from: thesun.co.uk

Tidak ada komentar untuk "MITOS LUKISAN "THE CRYING BOY""