Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Air Putih
Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan air, terutama bagi tubuh manusia. Kekurangan cairan dalam tubuh akan mengakibatkan dehidrasi. Saat merasa haus, itu adalah salah satu respon tubuh saat kekurangan cairan di dalam tubuhnya. Air putih cukup membantu untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat melakukan aktifitas apapun.

Minum air putih dipagi hari juga mempunya dampak yang positif bagi tubuh. Pada tubuh manusia terdiri dari 60% cairan, pihak Otoritas Keamanan Makanan Eropa merekomendasikan bahwa perempuan harus minum sekitar 1,6 liter cairan per hari dan laki-laki harus minum sekitar 2,0 liter cairan per hari. Kurang lebih sekitar delapan gelas 200ml bagi seorang wanita, dan sepuluh gelas 200ml masing-masing untuk pria.

Adapun manfaat-manfaat air putih bagi tubuh, yaitu:
  1. Air Membantu Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh. Tubuh Anda terdiri dari sekitar 60% air. Fungsi cairan tubuh termasuk untuk bagian pencernaan, penyerapan, sirkulasi, penciptaan air liur, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh.
  2. Air Membantu Memberikan Asupan Energi Pada Otot. Beberapa Sel dalam tubuh tidak bisa menjaga keseimbangan saat kekurangan cairan dan elektrolit akan mengerut, yang dapat mengakibatkan kelelahan pada otot. Meminim air putih dapat mengembalikan energi yang hilang pada bagian otot.
  3. Air Dapat Membantu Peremajaan Pada Kulit. Kulit Anda mengandung banyak air, dan fungsi sebagai pelindung untuk mencegah kehilangan cairan. Kekurangan cairan bisa menyebabkan kulit terlihat agak kusam.
  4. Ginjal Menjadi Lebih Sehat. Cairan tubuh membawa toksin yang ada di dalam tubuh dan dibuang melalui urin ataupun keringat. Ginjal melakukan pekerjaan yang luar biasa, pembersihan dan membersihkan tubuh dari racun selama asupan cairan yang memadai, dan mampu mengurangi risiko terkena batu ginjal dan infeksi saluran kemih.
  5. Memperlancar Buang Air Besar. Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar di pagi hari, disarankan untuk meminum air putih saat bangun tidur, hal itu bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar.
  6. Menyeimbangkan Sistem Getah Bening. Saat sistem getah bening bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh.
Seperti yang tertera diatas, air mmempunyai peranan yang begitu penting bagi kesehatan tubuh manusia. Terkadang sesuatu yang terlihat biasa saja jutru mempunyai manfaat yang besar , dan itulah air putih.

1 komentar untuk "Manfaat Air Putih Bagi Tubuh"

Posting Komentar