Macam-Macam Vegetarian

Vegetarians
Awamnya masyarakat hanya sering mendengar sebutan Vegetarian, ialah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan jenis mamalia dan unggas.
Istilah Vegetarian diciptakan pada tahun 1847 dan digunakan gunakan pertama kali secara formal pada tanggal 30 September. Kala itu Joseph Brotherton membuat pertemuan dengan sebuah perkumpulan yang bernama Vegetarian Society Inggris (VSI) di Northwood Villa, Kent, Inggris. Kata Vegetarian ini berasal dari bahasa Latin, yaitu "Vegetus", yang diartikan sebagai sehat, segar, dan hidup.

Ada beberapa alasan ketika memilih menjadi seorang Vegetarian, alasan tersebut mulai dari agama, psikologi, ekonomi, kesehatan, dll. Di Indonesia, secara tradisional bagi suku bangsa pelaut seperti Suku Bajau tidak terlalu banyak mengonsumsi daging, tetapi sering mengkonsumsi makanan laut dalam menu keseharian mereka. Di Indonesia, vegetarian disajikan dengan berbagai varian pengganti daging. Hidangan seperti gado-gado, karedok, ketoprak, pecel, urap, rujak dan asinan yang pada dasarnya merupakan hidangan bagi vegetarian. Produk kedelai yang difermentasi seperti tempe, tahu dan oncom yang lazim sebagai pengganti daging sebagai sumber protein. Sebagian besar orang Indonesia tidak berlatih vegetarian, tetapi hanya mengkonsumsi sayuran atau hidangan vegetarian denganalasan rasa, preferensi, ekonomi dan kesehatan mereka. Namun demikian, ada juga sejumlah kecil umat Buddha Indonesia yang berlatih vegetarian untuk alasan keagamaan. Vegetarian terbagi menjadi berbagai macam, yaitu:
  • Semi-Vegetarian

Adalah jenis vegetarian yang bisa dibilang sebagai kelompok yang paling rendah, kelompok jenis ini selain mengkonsumsi jenis nabati, tapi masih tetap memakan ikan, daging merah, susu, dan telur. Semi-Vegetarian biasa juga disebut sebagai Flexitarian,  jenis ini biasanya hanya digunakan untuk program diet pada hari-hari tertentu.
  • Lacto-Ovo Vegetarian

Ovo-lacto atau Lacto-ovo vegetarian adalah jenis vegetarian yang tidak mau mengkonsumsi daging merah, ikan atau pun unggas, tapi masih mau mengkonsumsi telur dan susu.
  • Lacto Vegetarian

adalah jenis vegetarian yang kadang juga disebut sebagai "Lactarian"(Lact=Akar (bahasa latin)), hanya mau mengkonsumsi produk nabati, dan masih mau mengkonsumsi susu, tapi tidak dengan telur. Konsep seperti lacto-vegetarian ini berasal dari India kuno yang melibatkan pola keyakinan.
  •   Ovo Vegetarian

Pada dasarnya Ovo  Vegetarian hampir sama dengan Lacto Vegetarian, yang berbeda, pada jenis ini mau mengkonsumsi telur, tapi tidak mau mengkonsumsi susu.
  • Pesco Vegetarian

Pesca atau Pesco Vegetarian tidak mengkonsumsi daging, tapi masih mau mengkonsumsi telur, susu, dan ikan
  • Vegan

Pada kelompok ini bisa dibilang pola yang paling ketat dari jenis-jenis vegetarian yang ada.  Mereka benar-benar hanya mau mengkonsumsi nabati, bahkan madu pun dihindari. Produk makanan yang mengandung bahan hewani jenis apapun tidak mau dimakannya. Para Vegan juga tidak mau mengenakan produk-produk yang berbahan dasar dari hewan seperti baju, sepatu, tas, kosmetik, dll. Mereka juga menentang produk yang di uji coba pada binatang.


Tidak ada komentar untuk "Macam-Macam Vegetarian"